Cinta, justru akan terasa bila kita berjauhan dengan pujaan hati. Manakala hubungan dirasakan tak lagi baik, tak ada kecocokan atau gak sehat, maka dua sejoli takkan merasakan lagi yang namanya cinta kepada pasangannya. Perpisahan pun diputuskan sebagai jalan keluarnya.

Saat berpisah itulah, akan tercipta perasaan baru. Jika kamu merasa sudah sewajarnya putus, hati akan merasa lega dan berusaha menjalani kehidupan seperti biasanya tanpa kehadiran doi lagi. Tapi, ada juga yang merasa seperti kehilangan sesuatu, setelah berpisah.

Muncul perasaan yang mendalam, padahal kalian sudah tak memiliki keterikatan cinta, sulit melepaskan pikiran-pikiran tentang doi, apalagi untuk melepaskannya begitu saja. Hati serasa gak rela berpisah, jika teringat akan kesan yang baik dan indah saat bersamanya. Tidak baik bila selalu mengingat sesuatu yang bukan milik kita lagi.

Untuk menghilangkan pikiran seperti itu, cobalah untuk mengingat hal-hal yang kurang menyenangkan saat bersama doi. Benda-benda pemberiannya dijauhi, tempat kenangan pun gak usah dilewati untuk sementara waktu. Memang, perlu proses dan waktu yang lama. Disamping dibutuhkan teman curhat yang bisa membantu kita terlepas dari masalah ini. Jika dijalani dengan sikap positif dan berbesar hati menerima kenyataan, bukan gak mungkin kamu akan kembali bersikap wajar saat bertemu dengannya. (inuyasha)

*) Pembantu dekan III Fakultas PSikologi UNM, (Basti, S.Psi, M.Si)

sumber