Makassar-Psikogenesis. Untuk kali kesembilan, Fakultas Psikologi UNM mengadakan acara penyambutan mahasiswa baru. Pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2008 ini mempunyai keistimewaan tersendiri. Selain karena dikonsep dengan matang oleh panitia yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, juga karena mahasiswa yang diterima kali ini terdiri dari tiga jalur penerimaan. Pertama, melalui jalur Seleksi Negara Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN); Kedua, melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Jalur Khusus (PMJK) dan; Ketiga, melalui jalur Ujian Tulis Lokal (Utul) yang diadakan oleh otonomi pihak Fakultas Psikologi.

Jumlah mahasiswa baru yang diterima Fakultas Psikologi tahun ini menembus angka 120 mahasiswa yang menandakan bahwa Fakultas ini masih menjadi salah satu yang terbaik dan terfavorit di UNM. Permasalahan yang muncul dari diterimanya banyak mahasiswa oleh Fakultas Psikologi adalah jumlah ruang kelas yang sangat sedikit. Empat ruangan yang tersedia sangat terasa kurang kapasitasnya sejak penerimaan tahun lalu, hal tersebut tentu belum memperhitungkan faktor kenyamanan mahasiswa dan dosen dalam proses belajar mengajar.

Banyaknya jumlah mahasiswa yang diterima pada tahun ini merupakan salah satu strategi agar kondisi keuangan Fakultas dapat mencukupi jika digunakan dalam operasionalisasi kegiatan akademik sehari-hari. Hal tersebut harus dilakukan untuk menyiasati kas fakultas yang seringkali nol sehingga tidak dapat digunakan untuk mencukupi pendanaan administratif akademik.

Banyak harapan yang bergulir di kalangan mahasiswa agar kiranya kebijakan tersebut tidaklah jadi bumerang bagi Fakultas sendiri sehingga dapat merugikan mahasiswa. Mahasiswa dalam kasus ini hanya dapat menjadi korban atas kesalahan Fakultas.