Tercatat pertama kali Fakultas Psikolgi UNM mengadakan event antar fakultas UNM dalam bidang olahraga, berupa Futsal Competition (Fusion-Red). Dian Fadly selaku ketua panitia Fusion mengatakan kegiatan ini diadakan berdasarkan hasil rapat BEM F-Psi UNM, mengikuti kesuksesan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dalam menggelar Piastro maka Fusion-pun diselenggarakan. Tujuan dari Fusion sendiri untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam bermain futsal dan sesuai dengan tema yang di usung “Fairplay For Unity”, mencerminkan harapan agar tawuran yang sering terjadi antar fakultas UNM berkurang.

Pertandingan akan diikuti sebanyak 20 tim, 18 tim merupakan utusan dari setiap fakultas di UNM. Jumlah maksimal untuk utusan setiap fakultas sebanyak dua tim. Fakultas yang ingin mengirimkan tim lebih dari dua, akan menjadi tim cadangan. Dua tim lain merupakan tim tamu yang berasal dari Fakultas Psikologi Universitas 45 dan Universitas Indonesia Timur. Sebelum berlaga di Shootz Futsal Lt. 3 Mall Panakukkang tanggal 7-8 Maret 2009, seluruh tim akan mengikuti technical meeting tanggal 5 Maret 2009.

Registrasi peserta yang dibuka sejak tanggal 23 Februari 2009, membuat Dian Fadly optimis akan terpenuhinya jumlah peserta. Sejauh ini utusan dari fakultas lain telah mendaftar dan mengikutsertakan tim cadangan. Biaya registrasi sebesar Rp. 300.000/tim dengan total hadiah yang akan diperebutkan sebesar 3.750.000 ditambah dengan trophies dan piagam.

Fusion akan dimeriahkan oleh Etha Dancer dan Capela Band, bukan hanya itu akan dipilih pemenang untuk pencetak gol terbanyak dan suporter terbaik. Perwakilan suporter dari setiap fakultas akan mendapatkan free tiket masuk untuk lima orang. Wasit untuk pertandingan nanti diambil dari Fakultas Olahraga UNM, sebanyak enam orang.

Kesuksesan dalam penyelenggaraan event tahunan ini sangat diharapkan, agar tahun depan Fusion dapat digelar kembali. Setelah ini Fusion akan dilimpahkan dari BEM ke Psy-sport sebagai penangungjawab pelaksana.

Psy-Sport turunkan tim…..
Psy-sport terbentuk setelah keikutsertaan Psikologi UNM dalam Futsal Competition yang diselenggarakan Psikologi Universitas Indonesia. Tujuan didirikannya untuk meningkatkan kreativitas dan minat bakat di bidang olaharaga.

Anhar Dana Putra selaku ketua Psy-Sport mengatakan bahwa dengan diadakan Fusion maka dapat menciptakan persatuan, persahabatan dan silahturahmi antar fakultas. Ia juga menambahkan tentang tim yang bakal diturunkan. ”besar kemungkinan untuk menurunkan satu tim terkait dengan jumlah pemain kami” tuturnya.

BKM yang baru terbentuk Desember 2008 ini, awalnya ingin menurunkan dua tim. Terbatasnya jumlah pemain yang datang latihan dan besarnya biaya pendafataran, membuat Psy-sport hanya berani menurunkan satu tim saja.

Penampilan terbaik tampaknya ingin ditunjukan oleh tim ini dalam Fusion, terbukti dari latihan rutin yang dilakukan setiap Senin, Rabu, Jumat. Tempat latihan yang dipilih pun adalah lapangan terbuka Universitas Negeri Makassar. Kemudian pada hari kamis adalah jadwal untuk aplikasi pertandingan di Mall Panakukkang.

Anhar Dana Putra mengatakan event ini sebenarnya merupakan program kerja Psy-sport sejak awal. Namun untuk saat ini masih diambil alih oleh BEM sebagai penyelenggara fusion. Pelimpahan tanggungjawab penyelenggara dari BEM ke Psy-sport merupakan hal yang wajar, sesuai dengan bidangnya. (aNd)