M. Ahkam, S.Pd.,S.Psi.,M.Si merupakan salah satu dosen di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar sejak Januari 2005. Pria yang lahir di Jeneponto, 18 Mei 1970 Saat ini tengah mengajar mata kuliah statistik dan psikologi pendidikan. Beliau juga pernah Menjadi bagian dari biro skripsi serta kepala laboratorium Psikologi dan saat ini tengah mengemban tugas selaku Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UNM. Semasa hidupnya beliau sempat mengenyam pendidikan di SDN Labuang Baji Ujung Pandang, SMPN 3 Palopo, SMA 3 Palopo dan memperoleh gelar Sarjana di dua universitas yakni IKIP Ujung Pandang Jurusan Administrasi Pendidikan dan Univeritas Proklamasi Jogjakarta Jurusan Psikologi, serta Menyelesaikan Magisternya di Universitas Gadja Mada Yogyakarta Jurusan Psikologi. Dan kini tentunya usaha untuk mengejar S3 tak pernah surut dalam benaknya.

Tidak tanggung-tanggung semasa kuliah dahulu beliau aktif dibeberapa lembaga kemahasiswaan seperti Pengurus HMJ, HMI, Maperwa dan Pramuka sehingga Pria yang hobi bermain tenis meja dan jogging ini berpesan kepada mahasiswa agar terus memaksimalkan potensi serta kreativitas yang dimilikinya dan menganjurkannya memilih lembaga mana saja yang diminati.

Sebagai PD III Psikologi sosoknya dikenal sangat peduli terhadap eksistensi Lembaga Kemahasiswaan. Sering bergaul dengan mahasiswa, berdiskusi hinggga bertukar pendapat dengan mahasiswa didikannya adalah hal yang mudah dikenali dari sikapnya. Maka tidak heran banyak fungsionaris LK Psikologi menganggap profil satu ini merupakan figur ideal PD III yang dibutuhkan LK. Apalagi juga diamati citra sebagai orang Jeneponto benar-benar melakat kepadanya, sikap yang ramah dan penuh kesederhanaan sudah terpaktri dalam dirinya dengan motto hidup “Nikmati yang Ada”. (*_*)

Kembangkan Kreativitas dan Raih masa Depanmu Dengan Gemilang

(M. Ahkam, S.Pd.,S.Psi.,M.Si, 2011)