Psikogenesis (18/07/2012). Tahun ajaran baru kampus UNM yang akan dimulai pada bulan September kini memasuki tahapan persiapan. Bagi mahasiswa, saat ini merupakan masa evalusi prestasi akademik semester lalu, sebagian lainnya sibuk menjalani KKN, dan sebagian lagi sibuk memulai masa liburan. Pihak fakultaspun jauh lebih sibuk. Selain mengurusi akedemik, penyusunan kerja fakultas untuk semester depan mutlak menjadi fokus tersendiri. Namun, satu topik yang tidak pernah lepas dari perbincangan terkait tahun ajaran baru adalah seputar penerimaan mahasiswa (baru).

Menurut kabar yang berhasil dihimpun tim redaksi Psikogenesis, sebanyak 150 mahasiswa baru akan diterima di Fakultas Psikologi UNM. Coba dikonfirmasi di sela kesibukannya, Muh. Ahkam selaku Pembantu Dekan bidang III turut membenarkan hal itu. Diakuinya, jumlah mahasiswa baru memang tidak akan jauh dari angka tersebut namun rinciannya belum diketahui pasti. “Ya kurang lebih seperti itu jumlahnya tapi belum jelas kuotanya, kita masih tunggu hasil dari jalur undangan dengan jalur mandiri”, jelas Ahkam.

Kenyataannya memang baru pengumuman SNMPTN yang secara jelas dapat dilihat, sedangkan pengumunan mahasiswa dari jalur mandiri belum bisa dikonfirmasi. Jumlah mahasiswa baru yang demikian banyak menjadi perhatian tersendiri di kalangan mahasiswa psikologi. Kekhawatiran tentu saja merebak pasalnya jumlah ruangan saat ini masih dianggap tidak memadai. “Biarmi iya bertambah, asalkan tidak menyusahkanji nanti jalannya kuliah. Biar mahasiswa lama atau mahasiswa baru, nda’ enak tawwa kalau kelas besar terus”, ungkap mahasiswi angkatan 2010 yang enggan disebutkan namanya.

Sebagai perbandingan, jumlah mahasiswa aktif angkatan 2011 berkisar 80 orang mahasiswa.Hal ini berarti mahasiswa baru yang akan diterima hampir dua kali lebih banyak dibandingkan tahun
lalu sedangkan kondisi ruangan perkuliahan serta sarana penunjang lainnya tetap sama saja. Tentu saja hal ini akan menjadi tantangan besar bagi pihak fakultas untuk memfasilitasi jalan perkuliahan kedepan.

Rencana penambahan dosen turut menjadi jawaban mengapa fakultas psikologi menerima sejumlah 150 orang. “Fakultas kan punya rencana mau tambah dosen, nah dari rasio jumlah dosen dengan jumlah mahasiswa, maka fakultas juga perlu menambah mahasiswa baru”, terang dosen Fakultas Psikologi tersebut. Terkait masalah ruangan, pihak fakultas memang masih dalam tahap menunggu hingga PR II bisa ditemui. Kabarnya, ada ruangan baru yang akan “diberikan” kepada fakultas psikologi. Semoga proses perkuliahan Fakultas Psikologi UNM bisa berjalan lebih baik. (‘aM)