Pelaksanaan ujian SNMPTN di kampus UNM Gunung Sari, Gedung BM 101-102, Fakultas Psikologi hari ini (12/06) diikuti puluhan calon mahasiswa baru. Melalui kesempatan itu, mahasiswa Fakultas Psikologi UNM melibatkan peserta SNMPTN menjadi testee penelitian eksperimen dengan judul “Pengaruh Model Komunikasi Terhadap Minat Berlembaga” .


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan jumlah peminat dalam berlembaga bagi mahasiswa. Lembaga kemahasiswaan yang menggunakan model komunikasi persuasif dengan melakukan presentasi di hadapan mahasiswa memperlihatkan jumlah peminat yang lebih banyak dibanding lembaga yang hanya melakukan pendekatan media dengan penyebaran brosur, pamphlet, spanduk dan pemasangan baligho.



Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model komunikasi terhadap minat berlembaga mahasiswa. “Kami akan melakukan uji coba terhadap calon mahasiswa (peserta SNMPTN. Red). Apakah dengan diberikannya model komunikasi persuasif melalui presentasi akan mempengaruhi minat berlembaga calon mahasiswa atau tidak.” Jelas, Khaerunnisa kordinator penelitian ini.



Penelitian eksperimen ini dilakukan setelah para peserta SNMPTN selesai mengikuti ujian. Sebanyak 30 orang menyatakan bersedia menjadi testee eksperimen yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok eksperimen yang diberi perlakuan berupa model komunikasi persuasif (presentasi), sedangkan kelompok kedua adalah kelompok kontrol yang tidak menggunakan model komunikasi persuasif.



Khaerunnisa menambahkan bahwa manfaat dari penelitian ini adalah sebagai kontiribusi ilmu pengetahuan dan juga dapat membantu lembaga kemahasiswaan dalam meningkatkan eksistensinya di wilayah kampus dalam proses perekrutan anggota baru setiap tahunnya. (Ar)