Psikogenesis (18/7/12) Fakultas Psikologi UNM kembali membuka penerimaan mahasiswa baru jalur ujian tulis lokal atau biasa disingkat UTUL. Walau kali ini dikemas dengan nama Jalur Mandiri, penerimaan mahasiswa jalur non- SNPMTN kembali mengundang pro kontra di kalangan akademisi fakultas psikologi. Tidak dapat dipungkiri ujian lokal menjadi magnet tersendiri bagi pelajar yang tidak melulusi SNMPTN walau mereka harus dihadapkan pada pembiayaan yang tidak sedikit. Selain urusan biaya, calon mahasiswa baru juga dituntut untuk melulusi psikotest dan tes wawancara yang diadakan oleh pihak fakultas.

Mahalnya biaya pendidikan jalur UTUL ternyata tidak diikuti dengan penurunan jumlah pendaftar. Jumlah pendaftar jalur UTUL tahun ini justru mengalami peningkatan bahkan hingga tiga kali lebih lipat dibandingkan pendaftar tahun lalu. Berdasarkan keterangan dari Muh.Ahkam, jumlah pendaftar jalur utul sebanyak 319 orang, padahal yang bakal diterima hanya 45 orang. “Kalau berdasarkan rencana, jumlah mahasiswa UTUL yang mau kita terima itu 45 orang, tapi ya bergantung dengan hasil dari jalur lain, kita lihat saja nanti”, ungkap pria pejabat PD III itu.

Ada indikasi jumlah mahasiswa UTUL yang akan diterima tahun ini akan lebih banyak (bahkan bisa paling banyak) dibandingkan penerimaan tahun-tahun sebelumnya. Keberadaan jalur utul sekali lagi mengurangi kredibilitas Lembaga Kemahasiswaan (LK) Fakultas Psikologi UNM. Alih-alih menghilangkan jalur utul, pendaftar jalur nonsubsidi ini justru semakin meningkat. Lembaga kemahasiswaan dalam hal ini BEM FPsi UNM “hanya” menyebarkan brosur yang memperlihatkan biaya jalur utul yang dan fasilitas standar yang akan didapatkan oleh mahasiswa jalur ini. Usaha ini ternyata tidak menyurutkan niat teman-teman calon mahasiswa baru.Tidak ada penyataan resmi dari lembaga kemahasiswaan terkait hal ini. “Mau bagaimana lagi, setidaknya begitumi usaha yang bisa dilakukan”, ungkap salah seorang fungsionaris LK ketika ditanya perihal pembagian brosur tersebut.

Keberadaan mahasiswa jalur UTUL di Fakultas Psikologi hampir pasti akan ada lagi untuk tahun ini, jadi sudah menjadi keharusan bagi seluruh civitas akademika untuk mengapresiasinya karena bagaimanapun juga mahasiswa jalur tersebut akan menjadi bagian dari keluarga besar Psikologi UNM. (‘aM)