Minggu (22/04) kegiatan Futsal Competition (Fusion) 2013 yang dilaksanakan BKM Psysport berakhir sudah. Setelah tertunda selama dua tahun, tahun ini Fusion sukses diselenggarakan. Apresiasi yang tinggi pun layak disematkan bagi penyelenggara.
Kegiatan yang diadakan kali pertama oleh BKM Psysport ini memang menjadi fokus tersendiri. Bagaimana tidak, setelah berhasil dua kali diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) F-Psi UNM pada tahun 2008 dan 2009, kompetisi futsal antar universitas seakan mati suri ketika diambil alih BKM Psysport. Baru pada tahun ini saja BKM Psysport mampu mengembalikan euforia kegiatan ini.
“Ini proker (program kerja-red) baru terlaksana di Psysport. Setelah 2008 dan 2009 dilaksanakan oleh BEM, dua periode berikutnya tidak bisa terlaksana di Psysport. Baru pi ini.” Tutur Fitri, Ketua Umum BKM Psysport Periode 2012-2013.
Lebih lanjut ia menambahkan bahwa kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar karena adanya dukungan dari banyak pihak. Ia pun turut memuji optimisme yang kuat dari panitia. “Proker ini bisa terlaksana dengan lancar karena kerjasama panitia, SC, dukungan dari sebagian besar pengurus Psysport, sponsor, peserta, penonton, dan fakultas. Terima kasihlah.” Ujar mahasiswi angkatan 2010 itu.
Melibatkan 24 tim dari delapan universitas se-kota Makassar adalah prestasi tersendiri kegiatan ini. Walau diakui hal itu berbeda dengan konsep awal, namun kegiatan tetap dapat berjalan dengan lancar. Salah satu tujuan yaitu untuk menjalin komunikasi dan silaturrahmi melalui olahraga futsal dapat terwujud.
Heri, salah satu penonton yang hadir menyaksikan pertandingan mengapresiasi kegiatan ini. “Bagus tawwa kegiatannya. Cuma kalau bisa dibuat lebih ramai lagi nanti” imbuh mahasiswa STIEM itu.
Diakui oleh Fitri bahwa kegiatan ini kurang ramai penonton. Sebagian besar penonton adalah peserta dari universitas lain dan mahasiswa psikologi UNM. “Penontonnya ji yang kurang ramai. Mungkin karena baru lagi ada Fusion, jadi kayak awal lagi ini.” Ujarnya.
Kegiatan Fusion 2013 yang dihelat selama tiga hari, Jumat – Minggu (19 – 21 April) bertempat di Cendrawasih Futsal Square telah selesai. Tim STIEM A keluar sebagai juaranya. Keberhasilan menyelenggarakan kegiatan ini seakan mempertegas totalitas BKM Psysport untuk mengembangkan minat bakat di bidang olahraga. Patut diingat, sebelumnya BKM Psysport juga sukses menyelenggarakan kompetisi futsal  dalam lingkup fakultas.
“Semoga fusion bisa kembali terlaksana tahun depan dan bisa lebih ramai, lebih banyak tim yang ikut. Setidaknya melalui kegiatan seperti ini dapat timbul kesan bahwa mahasiswa Fakultas Psikologi UNM bisa ji buat acara yang bagus.” Tutur Fitri. Ia juga berharap bahwa tidak hanya di bidang futsal, tetapi cabang olahraga yang lain juga bisa mengadakan kompetisi serupa.

Juara Fusion 2013
Juara I             : STIEM A
Juara II            : Atmajaya A
Juara III          : Nankatsu FC (F-MIPA UNM)
Top Scorer       : Eko (STIEM B)