Sumpah pemuda diperingati setiap 28 Oktober diharapkan dapat menjadi pelopor perubahan dan memberi semangat nasionalisme kepada para pemuda Indonesia.  Realita yang nampak kini masih saja banyak pemuda yang keluar dari kondisi idealnya, pelanggaran hukum kerap disebabkan oleh para pemuda yang seharusnya memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa. Tawuran kerap terjadi, demo-demo anarkis, semangat gotong royong telah ditinggalkan dan masih banyak lagi pelanggaran yang disebabkan oleh pemuda masa kini.

        Peringatan hari sumpah pemuda ini diharapkan mampu memotivasi dan memberikan jiwa nasionalis baru untuk para mahasiswa yang notabenenya sebagai agent  of change atau pembawa perubahan, Semangat juang yang dulu dimiliki oleh para pejuang-pejuang muda bangsa dapat tertular kepada para pemuda masa kini dan membawa kemajuan untuk perubahan bangsa kita kearah yang lebih baik.

       Mahasiswa sebagai kaum intelektual seharusnya mampu memberikan pengaruh yang positif bagi bangsa Indonesia maupun masyarakat disekitarnya, tuntutan sebagai pemuda masa kini yang bertitel negatif bagi masyarakat seharusnya mampu digunakan sebagai batu loncatan yang baik bagi pemuda untuk perubahan bangsa.  Prestasi yang kadang ditenggelamkan oleh prilaku-prilaku menyimpang pemuda seharusnya sudah dapat ditiadakan dengan membawa kesadaran itu sendiri kepada pribadi masing-masing pemuda.  Selamat hari sumpah pemuda, langkah bangsa Indonesia kedepannya ditentukan oleh para pemuda-pemuda bangsa…..
Selamat Hari Sumpah Pemuda…………