BKM pecinta alam Fakultas Psikologi UNM, Marabunta,  akan melaksanakan diksar untuk yang kedua kalinya. Diksar yang akan dilaksanakan dari tanggal 2-26 Januari 2014 ini memilki beberapa rangkaian acara, diantaranya adalah wawancara, indoor, binjas, dan outdoor.
Wawancara bertujuan untuk melihat sejauh mana komitmen peserta untuk Marabunta. Indoor bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan tentang survival di alam bebas, sekaligus menjadi bekal sebelum kegiatan outdoor. Sedangkan binjas bertujuan untuk melatih fisik sebelum turun lapangan. “Tapi belum ada jadwal fixnya, masih akan disesuaikan dengan jadwal finalnya anak–anak, kecuali kegiatan outdoor yang sudah pasti,” ungkap Nurul Ummi Ridwan salah satu pengurus inti Marabunta.
 Terakhir adalah kegiatan outdoor yang menjadi acara utama yang akan diadakan selama lima hari empat malam yang bertujuan untuk mempererat tali kekeluargaan diantara calon anggota Marabunta. Tujuan dari kegiatan ini, menurut wanita yang sering disapa Anggrek ini, adalah untuk menambah jumlah anggota yang sebelumnya dari generasi pertama berjumlah sebelas orang.
Ocheng Suhendra Putra sebagai salah satu peserta mengungkapkan alasannya ikut diksar ini, “Karena diksar sebagai awal penerimaan anggota baru, dan untuk mengakrabkan diri sama kakak–kakak yang ada di Marabunta” ungkapnya yang dihubungi lewat pesan singkat. Ia berharap semoga di diksar nanti, semuanya berjalan dengan lancar, dan semua anggota baru bisa segera  akrab dengan kakak–kakaknya dan begitupun sebaliknya.
Kendala yang dialami untuk kegiatan diksar ini adalah koordinasi dengan BEM, dimana pokok permasalahannya karena belum dilantiknya pengurus yang baru untuk periode ini, tapi sudah membuka pendaftaran untuk anggota baru. “Tapi sudah selesai mi diurus”, ujar Anggrek. Ia berharap di kegiatan diksar kali ini jumlah peserta yang mendaftar lebih banyak. “Semoga peserta kali ini lebih banyak dari yang sebelumnya. Karena belum ada maba yang kembalikan formulir, mungkin karena kurang sosialisasinya,” ujarnya saat ditemui di sekretariat Marabunta. (RY)