Foto bersama panitia dan peserta saat Break Time

Jumat (13/12) bertempat di Gedung Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makassar, kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalistik VI Lembaga Pers Mahasiswa Psikogenesis secara resmi telah dimulai.

Dibuka oleh Pembantu Dekan III Fakultas Psikologi, Muh. Ahkam, kegiatan ini merupakan langkah awal LPM Psikogenesis mengenalkan mahasiswa psikologi, khususnya mahasiswa baru, pada dunia jurnalistik. Widyastuti Mansuari selaku ketua panitia menuturkan bahwa kegiatan ini sasarannya tidak dibatasi hanya pada mahasiswa baru, tetapi juga boleh diikuti oleh mahasiswa angkatan sebelumnya. “Kegiatan ini memang sasaran utamanya adalah mahasiswa baru, tapi mahasiswa lama juga boleh ikut, terbuka ji, cuma memang diperuntukkan untuk kalangan psikologi UNM” tuturnya.

Terbukti, setelah pendaftaran dibuka selama sepekan, terdapat mahasiswa angkatan 2012 dan 2011 yang mendaftar. Adapun total mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta Diklat Jurnalistik VI berjumlah 33 orang.
Walau jumlah peserta lebih sedikit dari kegiatan yang sama yang diadakan tahun lalu, tidak menyurutkan motivasi panitia dan peserta kegiatan. “Ada juga sisi positifnya tidak terlalu banyak peserta, kegiatan jadi lebih mudah dikelola, biar bisa fokus terima materi”, ujar Maria, salah satu pengarah kegiatan. Sebagai bahan pembanding, jumlah peserta Diklat Jurnalistik V berkisar 70 orang.

Adapun PD III Fakultas Psikologi dalam sambutannya menjelaskan tentang peran penting LPM Psikogenesis dalam membentuk karakter mahasiswa psikologi yang ideal. Beberapa bukti disebutkan oleh Muh. Ahkam. Pria yang juga merupakan salah satu dosen di fakultas turut menyinggung persoalan dana kemahasiswaan dan akreditasi. Menurutnya, dana kemahasiswaan akan dikucurkan tahun depan. “Adapun kendala yang dituturkan oleh Ketua Panitia sebenarnya juga dirasakan oleh kami. Namanya juga UNM, visinya ya harus ada wirausaha, jadi sama seperti lembaga kemahasiswaan, kami juga buat pencarian dana”, tandasnya.



Diklat Jurnaslitik VI ini direncanakan akan berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 13 higga
15 Desember 2013. Semangat! (‘aM)