Akreditasi kampus psikologi UNM terus saja menjadi sorotan. Akreditasi ulang yang sejak beberapa bulan lalu digaungkan akan diadakan tahun depan masih menghadapi sejumlah kendala. Lemahnya koordinasi antara dosen dan birokrasi fakultas dinilai sebagai penyebabnya.
       Eva Meizara selaku Pembantu Dekan I menanggapi bahwa akreditasi itu adalah suatu kebutuhan, maka ia ingin adanya penyusunan borang disertai perbaikan sistem akademik di dalamnya. Lebih lanjut Eva menjelaskan bahwa seluruh aktivitas dosen sebagai bagian dari proses akademik harus terekam dengan jelas dan terarsipkan.
      “Karena akreditasi itu sebuah kebutuhan maka data-data tersebut dilakukan dengan website, dosen bisa diakses dimana saja dia hari ini, disitu ditulis penelitiannya apa,tertata dengan baik sekali. Data inilah yang dibutuhkan oleh borang sebenarnya. Jika data – data sepertiini lengkap dan bagus pengarsipannya, maka sangat mudah untuk mengisi borang. Kita terkendala disitu sebenarnya” tutur Eva.
      Terkait kelengkapan borang,ibu tiga anak ini mengaku telah melibatkan 25 dosen dan membaginya ke dalam 7 kelompok standar,namun kendalanya adalah dosen-dosen memiliki aktivitas yang berbeda-beda, ada yang sangat sibuk sehingga susah untuk bertemu langsung  memantau perkembangannya.
      “Dalam perkembangannya, saya  merasa belum optimal karena menyusun borang butuh kesabaran yang lebih. Terlebih lagi dalam mengumpulkan 25 pemikiran 25 kebiasaan manusia yang macam-macam. Idealnya kita hanya butuh orang yang komitment saja.jika begini akan cepat selesai tiap hari ketemu, tiap hari bekerja, bergerak, tetapi kekurangannya adalah apakah dosen yang lain kalaumerasatidak dilibatkan akan menimbulkan persepsi lain?”
       Senada dengan pernyataan PD I F.Psi, Laode Irfan selaku Presiden BEMsepakat karena yang terlihat memang seperti itu. “Ada satu aspek yang kemudian ini yang terbaca oleh teman-teman mahasiswa terkait kedisiplinan para dosen yang malah sibuk dengan kegiatannya sendiri di luar fakultas atau hanya sibuk dengan lembaganya” tutur mahasiswa angkatan 2010 itu.
       Terkait akreditasi fakultas Eva optimis setelah mendapat bantuan Prof. Manshur seorang assesor BAN PT yang juga salah satu assesor di UNM untuk mendampingi dosen membantu mengisi borang dan menagih tugas dosen-dosen sekali dalam dua minggu. (IA)