Foto bersama mahasiswa dan dosen-dosen Psikologi UNM-UNNES

    Rabu (15/01/14), Fakultas Psikologi UNM secara resmi menggelar acara pelepasan pertukaran mahasiswa UNNES-UNM yang berjalan selama satu semester. Acara pelepasan ketiga mahasiswa pertukaran pelajar ini berlangsung hikmat dan lancar.
       Acara pelepasan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Psikologi UNM beserta jajarannya. Di pihak Uiversitas Negeri Semarang hadir Dosen Jurusan Psikologi UNNES, Prof. Haryono,M.Pd, dan beberapa dosen pendamping  UNNES yang bertempat di ruang seminar Fakultas Psikologi UNM pukul 13.45 – 14.50 WITA.
       Dalam sambutannya, Syamsul Bahri Thalib selaku Dekan Fakultas Psikologi UNM mengharapkan kerja sama dengan UNNES ini dapat berjalan seterusnya. “Mudah-mudahan tahun berikutnya masih bisa dilaksanakan seperti ini”, tuturnya. Sejalan dengan hal tersebut Ketua Jurusan UNNES, Haryono mengungkapkan harapannya terhadap kerjasama yang diselenggerakan UNNES-UNM. “Semoga jalinan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik, dan bukan hanya itu bisa dikembangkan dengan kerjasama yang lain”.
     Dalam acara pelepasan ini juga dilakukan presentasi dari ketiga mahasiswa UNNES Choirul Faizin, Annisa Yuwantina, dan Kusnan yang telah menjalani program pertukaran pelajar ini. Masing-masing dari mereka memaparkan kesan-kesan yang mereka telah dapatkan selama mengikuti program pertukaran mahasiswa terkait pula dengan hal-hal yang menarik seputar kota Makassar. Terkhusus dari segi akademik, Faiz memaparkan beberapa ciri khas Fakultas Psikologi UNM diantaranya sistem pendidikannya yang masih manual juga jadwal kuliah yang disesuaikan dengan ciri psikologi UNM  yang berbeda dengan UNNES. “Yang beda dari fakultas lainnya seperti waktu shalat ada jeda istirahat untuk mahasiswa”, ujarnya. Faiz juga menambahkan kekhasan dari Psikologi UNM yakni kedekatan emosional mahasiswa dan dosen yang begitu erat layaknya kakak-adik.
     Dari segi organisasi, Anisa memaparkan beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan ikatan antar angkatan, dikarenakan sistem pengaderan yang disusun oleh Lembaga Kemahasiswaan Psikologi UNM tersusun dengan rapi sehingga mereka dapat mengenali  kakak angkatan dengan baik. Sisi kebudayaan dipaparkan oleh Kusnan yang paling lazim menurutnya dalam budaya Makassar seperti siri’na pacce. Bukan hanya itu, dia juga menjelaskan kebudayaan yang berkembang di Psikologi UNM seperti ikatan kekeluargaan yang sangat erat. Kegiatan pelepasan ini diakhiri oleh penyerahan cinderamata oleh Dekan Fakults Psikologi UNM kepada para mahasiswa dan dosen UNNES.
Penyerahan cendramata pelepasan
Mahasiswa UNNES
       Kegiatan pertukaran mahasiswa antara Fakultas Psikologi UNM dan Jurusan Psikologi FIP UNNES Selanjutnya akan diadakan acara serupa di UNNES. Untuk tahun ini dari Fakultas Psikologi UNM adalah Nurfadila dan Reski, keduanya adalah mahasiswa angkatan 2012. Mereka diperkirakan tiba pada 17 Januari 2014 pekan ini. (ANS, YY)
Selamat dan sukses Faiz, Anisa, dan Kusnan!