Setelah melalui proses persiapan yang panjang, akhirnya Inaugurasi mahasiswa baru Fakultas Psikologi UNM angkatan 2013 berhasil terlaksana pada Sabtu malam (08/03) bertempat di gedung RRI Makassar. Sejumlah kreasi seni mahasiswa psikologi UNM ditampilkan. Walau ramai, kegiatan ini dinilai tidak memuaskan.
Kegiatan yang mengangkat tema Irreversible Movement: Proud being 13” ini sudah memperlihatkan adanya kendala ketika pembukaan kegiatan harus terlambat sekitar satu jam. Awalnya acaranya dijadwalkan mulai pada pukul 19.00, ternyata harus dibuka sekitar pukul 20.00 WITA.
Masalah yang muncul selama kegiatan tidak hanya berupa terlambatnya sejumlah aitem kegiatan dari jadwal yang telah disusun oleh panitia, tetapi juga tata suara yang kurang memadai sehingga tampilan kegiatan tidak maksimal. Hal itu diakui oleh Mudabbir selaku Ketua Panitia Inaugurasi. “Kendala kegiatan ini mulai dari alat sound yang rusak, dekorasi yang belum selesai dan manajemen kegiatan yang belum baik,” ujar mahasiswa angkatan 2013 itu.
Persoalan lain yang muncul pada inaugurasi 2013 kemarin ialah kehadiran mahasiswa baru yang tidak maksimal. Dari total 151 mahasiswa baru angkatan 2013, tidak semuanya hadir dalam kegiatan. Tercatat hanya 131 orang yang hadir. Selebihnya, mahasiswa baru tidak hadir dengan berbagai macam alasan serta ada pula yang tanpa alasan.
Salah satu panitia pengarah, Ashari Ramadana, turut menuturkan bahwa kendala inaugurasi tahun ini ialah pada minimnya jumlah mahasiswa baru yang aktif pada proses persiapan serta masalah teknis ketika acara berlangsung. “Masalah inaugurasi tahun ini sama seperti inagurasi tahun lalu yakni minimnya jumlah mahasiswa baru yang aktif terlibat selama proses persiapan, dapat dilihat pada saat proses dekorasi gedung. Beberapa hal teknis yang tidak kami harapkan terjadi di malam acara. Selain itu, ada juga masalah pada kordinasi antara operator dan penggung jawab beberapa aitem, sehingga membuat acara adik-adik Psytredetion terasa kurang maksimal”, tutur mahasiswa yang akrab disapa Ari itu.
Adapun tampilan kreasi seni mahasiswa baru angkatan 2013 yang berbeda dari kegiatan sebelumnya ialah flag dance, perkusi, tari papua serta tari saman. Ada juga tampilan paduan suara, tari kreasi, serta band akustik. Selain penampilan mahasiswa baru, terlihat pula dalam acara inaugurasi tersebut penampilan dari alumni serta mahasiswa psikologi dari angkatan lainnya.
Terlepas dari ketidakoptimalan pelaksanaan inaugurasi 2013, Mudabbir tetap berharap bahwa angkatan 2013 mampu memahami esensi pelaksanaan inaugurasi. “Tetap saya tegaskan bahwa bukan kesuksesan acara yang dicari, namun kesuksesan untuk memahami esensinya, ialah kebersamaan. Maka harapanku agar kami tetap terjaga dalam kebersamaan untuk sebuah tujuan meraih kesuksesan kehidupan bersama. (yy)
Kegagalan terbesar bukan ketika tujuan tidak tercapai, tetapi ketika menolak untuk memaknai, belajar, dan memperbaiki. Selamat datang Psytredetion di kampus Psikologi UNM. (Psikogenesis)