Bulukumba (19/04), LPM Psikogenesis yang bermarkas di  Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar mengadakan Diklat Jurnalistik Dini (DJD) pada tanggal 19 dan 20 April 2014 di Kabupaten Bulukumba. Kegiatan ini diikuti oleh  83 siswa dari lima sekolah yang ada di Bulukumba. Sekolah-sekolah yang mengutus pesertanya adalah SMAN 1 Bulukumba, SMAN 7 Bulukumba, SMAN 8 Bulukumba, SMKN 1 Bulukumba, dan MAN 1 Bulukumba.
     Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar meskipun sangat disayangkan 20 calon peserta dari SMAN 9 Bulukumba batal hadir karena adanya hambatan dari pihak sekolah.
     Widyastuti Mansuari, selaku ketua panitia mengungkapkan penyesalannya terkait hambatan tersebut, “Saya sih kasian liat antusiasme dari adik-adik SMA 9. Karena waktu dikonfirmasi, pada hari sabtu itu mereka sudah siap berangkat ke lokasi bahkan kita dari panitia sudah jemput kesana. Yah, pihak sekolah mempersulit soal perizinannya adik-adik. Padahal kita sudah dapat izin dari Dinas Pendidikan Bulukumba”, ungkapnya ketika ditemui disela-sela berlangsungnya kegiatan.
       Salah satu peserta dari MAN 1 Bulukumba menuturkan kesannya setelah mengikuti kegiatan DJD hari pertama “luar biasa karena ini pertama kali saya mendapatkan ilmu jurnalistik dan awal saya mempelajari ilmu jurnalistik” jelas siswa yang akrab disapa Ammi ini.
     Pada pelaksaan DJD hari pertama diberikan materi pengenalan tentang dunia jurnalistik kepada peserta yang seluruhnya merupakan siswa-siswi SMA se-Bulukumba, sebagai bekal untuk berkarya di hari kedua dalam perebutan piala Jurnalistik LPM Psikogenesis antar SMA se-Bulukumba.
     Sekolah yang keluar menjadi pemenang pertama lomba mading jurnalistik LPM Psikogenesis ialah siswa-siswa asal MAN 1 Bulukumba, juara kedua SMAN 8 Bulukumba, dan juara ketiga SMAN 1 Bulukumba. Peserta terbaik diperoleh Andi Rahmansyah dari SMAN 1 Bulukumba. Adapun yel-yel tim terbaik dipegang oleh SMAN 8 Bulukumba.
      Harapan yang sangat besar terhadap seluruh peserta agar mereka dapat mengaplikasikan ilmu jurnalistik dan menggerakkan media massa yang memiliki taji di sekolahnya secara khusus dan masyarakat secara umum. Selain itu, DJD pertama LPM Psikogenesis diharapkan mampu meretas generasi-generasi jurnalis handal di masa mendatang. (ND/ANS) –Terbit di Radar Bulukumba (21/04)

     Berikut beberapa photo yang kami rangkum selama pelaksanaan Diklat Jurnalistik Dini (DJD) LPM Psikogenesis di Kabupaten Bulukumba,

Suasana Pembukaan DJD di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bulukumba.
Registrasi ulang peserta sebelum pelaksanaan DJD

Peserta bersiap-siap menerima mater DJD.
Persembahan dar Andi Muh. Khalid sebelum memulai materi.

Proses registrasi peserta.


Peserta sedang menerima materi pertama DJD.
Pemateri pertama Andi Kurniawan sedang memaparkan materinya terkait jurnalis dini.

Peserta sedang antuasias bertanya pada pemateri.


Sesi tanya jawab peserta-pemateri.

Panitia sedang duduk santai mengawasi peserta.

Persembahan Peserta dari SMAN 1 Bulukumba.
Suasana setelah pemberian materi ke tiga "Photografer".

Pemberian plakat dan ucapan terimakasih kepada Andi Mallarangeng selaku pemateri photografer.

Ketua OSIS MAN 1 Bulukumba sebagai peserta DJD sedang mencatat.

Piala peserta terbaik terpajang dihadapan peserta.

Persembahan dari Peserta DJD saat jeda istirahat




Persembahan puisi peserta DJD Psikogenesis dari SMAN 8 Bulukumba
Syamsul Bahri (Pemateri Photografer), Andika Mappasomba (Pemateri Sastra), dan Adi Nursyamsu (Pemimpin Umum Psikognesis)

Penyerahan Plakat dari Demisioner LPM Psikogenesis (Mikel Kelvin)

Maderator DJD, Salah satu Pengurus LPM Psikogenesi

Peserta antusias memperhatikan materi photografer.