AC yang berada di depan ruangan Bb 102
     Belum terpasangnya Air Conditioning (AC) di seluruh ruang kuliah Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar khususnya di ruang kuliah BB, menimbulkan banyak pertanyaan. AC telah ada sejak sekitar satu bulan yang lalu, namun pemasangannya hingga saat ini belum juga dilakukan. AC yang saat ini memenuhi lorong masuk antara BB 102 dan BB 103 juga menimbulkan ketidaknyamanan bagi mahasiswa. Lukman Najamuddin selaku pembantu dekan II, mengatakan bahwa universitass yang akan bertanggungjawab. “Yang bertanggungjawab atas pemasangan AC bukan fakultas, melainkan universitas. Biaya pemasangan AC sudah include dengan harga ACnya,” ujarnya saat ditemui. 
       AC yang berjumlah 6 buah itu nantinya akan dipasang di 4 ruang kuliah fakultas psikologi yang berada di lantai 1 perpustakaan UNM dan sisanya akan dipasang di ruangan lain. Enggan ditanya oleh BPK mengenai asal usul uang, membuat pihak fakultas enggan mengurusi tentang pemasangan AC tersebut. “Total biaya pemasangan AC adalah sekitar Rp 150.000,00. Tidak bisa menggunakan dana fakultas karena nantinya BPK akan menanyakan tentang asal usul uang yang digunakan sebagai dana pemasangan AC. Lagipula ini sudah menjadi tanggungjawab universitas bukan fakultas,” jelas Lukman selanjutnya. 
       Gedung perpustakaan UNM yang belum sepenuhnya menjadi milik Fakultas Psikologi, juga menjadi salah satu faktor penyebab terhambatnya pemasangan AC. Pemasangan AC yang belum dilakukan juga menimbulkan kekecewaan yang dirasakan oleh mahasiswa. Husnul, salah satu mahasiswa Fakultas Psikologi, menyatakan kekecewaannya, “PHP (pemberi harapan palsu) sekali itu AC. Senang ta’ dulu waktu ada mi AC, tapi eh sampai sekarang belum pi juga dipasang. Penting sekali itu ada AC, karena panas sekali ruangannya. Tidak konsen ki belajar kalau berkeringat ki”.       
       Sejumlah civitas akademik F.Psi UNM berharap agar AC yang telah terpajang agar segera difungsikan, sehingga membuat mahasiswa merasa nyaman dalam menjalani perkuliahan. Semoga sarana dan prasarana yang ada di kampus orange semakin lengkap nantinya. (KAY/RY)