Suasana Mumpsi XII di Malino Kabupaten Gowa
Musyawarah Mahasiswa Psikologi XII (MUMPSI XII) telah dibuka di kampus Psikologi UNM pada Kamis (08/05) lalu. Sebagiamana rutinitas dalam Mumpsi, kali inipun diagendakan pembahasan konstitusi lembaga kemahasiswaaan. Yang berbeda pada Mumpsi XII ini, peserta ditawarkan konsep Keluarga Mahasiswa (Kema) F.Psi UNM.
Ronny, salah satu dari Badan Perumus (BP), mengungkapkan bahwa BP menawarkan perubahan tersebut dengan maksud agar seluruh warga psikologi merasa terwadahi. “Adapun niatan BP kenapa diusulkan seperti itu, agar seluruh mahasiswa psikologi UNM merasa terwadahi dalam Kema F.Psi UNM dengan penjelasan lebih rinci tentang hak dan kewajiban yang mereka miliki dalam Kema F.Psi UNM, juga menghilangkan persepsi bahwa wadah tersebut hanya milik mahasiswa-mahasiswa yang bergerak dilingkup organisasi. Sehingga terlihat jelas terlihat jelas bahwa sebenarnya sebagai mahasiswa F.Psi UNM, kita memiliki kesempatan yang sama di Kema F.Psi UNM”, ungkap mahasiswa angkatan 2009 itu.
Senada dengan hal tersebut, Achmad Yani Nasrum mengungkapkan bahwa salah satu hal positif yaitu adanya kesempatan untuk mewadahi seluruh mahasiswa baik yang melulusi pengaderan maupun tidak melulusi pengaderan. “Yang membuat saya setuju dengan Kema karena ada anggotanya yang terdiri dari anggota muda, anggota biasa, anggota aktif dan anggota luar biasa. Yang menjadi nilai plus dalam kema ini adalah adanya anggota muda, yang menjadi anggota muda disini adalah seluruh mahasiswa psikologi terlepas dia lulus pengaderan atau tidak. Ada salah satu mahasiswa yang protes saat dialog terbukanya Achil, katanya dia tidak merasa diwadahi oleh LK karena dia tidak masuk BKM karena tidak melulusi pengaderan”, ungkap Ketua Umum terpilih Maperwa periode 2014-2015 itu.
Adapun Badan Perumus (BP) terdiri dari enam orang yaitu Aluwiyah Sinarsih, Rahmatiah Anas, Ronny, Fitriani Dzulfadilah, Amirah Aminanty, serta Andi Albian Misuari. Hingga Ahad (11/05) kemarin pembahasan mengenai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) belum juga selesai dan akan dilanjut pada Kamis (15/05) mendatang. (NH)