Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahsiswa Fakultas Psikologi UNM memilih Ahmad Yani Nasrum sebagai Ketua Umum periode 2014-2015 dalam Musyawarah Mahasiswa Psikologi (Mumpsi) yang diselenggarakan di Malino pada tanggal 08-11 Mei lalu. Namun, yang bersangkutan hingga hari ini belum melulusi salah satu kriteria yang sebelumnya disyaratkan yakni Latihan Kepemimpinan tingkat II
“Sebenarnya waktu periode sebelumnya 2012-2013 itu sempat ikut LK II tapi mungkin saya sama beberapa orang yang ikut saat itu ada beberapa penilain yang diberikan oleh panitia, sebab setelah kegiatan LK II setelah materi dan setelah mengerjakan tugas-tugas yang diberikan kemudian diberikan kembali tugas akhir. Saya mendengar kabar bahwa salah satu SC mengatakan nilai saya dan beberapa orang tadi masih rendah, jadi perlu diadakan kajian dan membuat sesuatu di facebook dan saat itu saya tidak mengadakan kajian”, jelas Yani yang ditemui di sela-sela kesibukannya.
            Terkait dengan terpilihnya ketua umum Maperwa secara musyawarah yang belum melulusi LK II, ketua umum terpilih akhirnya dipilih dengan syarat mengikuti dan melulusi LK II yang diadakan di dalam maupun luar Universitas dengan konsekuensi apabila dalam jangka waktu dua bulan setelah Mumpsi ketua umum terpilih belum mengikuti LK II maka jabatan sebagai ketua umum dicabut.
“Saya pribadi setuju mengenai peraturan ini, karena saya rasa jabatan sebagai ketua memang harus memiliki kompetensi yang tinggi. Adapun konsekuensinya yaitu ketika saya terpilih secara musywarah jika dua bulan setelah mumpsi tidak ikut LK II maka harus rela diturunkan dari jabatan saya”, ungkap Yani.
Salah satu demisioner BEM F. Psi UNM yaitu Muhammad Ikhsan yang mengikuti rangkaian acara Mumpsi saat itu mendukung ketentuan ini. Menurutnya ketua umum maperwa harus memiliki kapabilitas yang memadai. “Kalau saya setuju soal syarat yang diajukan karena menurutku itu konsekuensi yang harus diterima saudara ketum maperwa. Karena kapabilitas seorang ketum maperwa kan tidak boleh main-main, harus memang orang yang punya kemampuan khusus dalam organisasi” jelas Iccang, sapaan akrabnya.
Adapun info mengenai kegiatan LK II yaitu salah satunya akan diadakan oleh Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin pada tanggal 04-07 Juni mendatang. Semoga ketua umum terpilih Maperwa 2014-2015 mengikuti dan mampu melulusi LK II sebagai syarat terpilihnya sebagai ketua umum agar jabatannya mampu dipertahankan dan memimpin Maperwa Kema F.Psi UNM dengan lebih baik lagi dari sebelumnya. Jayalah Psikologi UNM. (WM/ANS)