(04/05) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Psikologi mengadakan Screening bagi para calon pengurus lembaga kemahasiswaan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) dan calon Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) periode 2014-2015. Sebanyak 10 peserta mengikuti screening ini yang terdiri dari 4 orang angkatan 2013, 2 orang angkatan 2012, 3 orang angkatan 2011, dan ditambah Mudassir Hasri Gani selaku  kandidat tunggal calon presiden BEM F.Psi periode berikutnya.

Adapun screening yang dilaksanakan oleh KPU ini setidaknya menghadirkan beberapa orang yang pernah turut andil dalam LK di Psikologi, diantaranya Ardiansyah Jasman, Ronny, Rahmatiah Anas, Dewi Tri Reski Yanti, Aluiyah Sinarsih sebagai screener.

Aidil Mabruri selaku anggota KPU yang mengikuti proses pelaksanaan screening hingga akhir menuturkan bahwa pelaksanaan screening bertujuan menguji kapabilitas calon pengurus. “Tujuannya sebenarnya sih untuk menguji atau melihat lebih dalam bagaimana kapabilitas calon pengurus LK.”
Sedangkan, terkait dengan kemaksimalan kegiatan Aidil menilai pelaksanaan creening ini kurang mendapat antusias dari calon pengurus LK terlihat dari jumlah peserta yang sangat kurang dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Ronny selaku demisioner BEM periode 2012-1013 sekaligus salah seorang screener. “Secara umum harusnya ada perwakilan angkatan dan perwkilan BKM, sejauh yang saya liat itu kalau mau dibandingkan dengan periode sebelumnya itu, antusias periode kemarin itu lebih dibandingkan sekarang, itu adalah pengamatan saya secara pribadi. Animo calon pengurus dalam mengikuti screening sangat kurang”. Tuturnya ditemui setelah pelaksanaan screening.

Terkait follow up screening Ronny menjelaskan bahwa hasil screening yang telah dilaksanakan akan diberikan kepada KPU, dimana KPU lah yang menindaklanjuti hasil tersebut.  “Tadi kan hasil screening itu sudah memaparkan kira-kira letak kekurangan apa saja yang perlu diperbaiki oleh calon pengurus maperwa. Harapannya adalah hasil screening itu dijalankan kedepannya, karena ketiga dimensi yang dipaparkan oleh KPU itu adalah hal-hal dasar yang harus dimiliki oleh setiap pengurus, bukan hanya calon anggota maperwa dan lebih ditekankan pada peningkatan kualitas diri.” (ANS)
Jayalah LK Psikologi UNM.