Setelah libur panjang pergantian semester selama kurang lebih tiga bulan, akhirnya aktifitas perkuliahan kembali aktif tepat pada tanggal 03 September kemarin. Perkuliahan yang seharusnya aktif pada tanggal 01 September terpakasa harus diundur karena Penyambutan Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi (02/09) yang harus diadakan sebelum aktifitas perkuliahan diaktifkan kembali.
“Harusnya  kan tanggal klo dilihat dari kalender akademik tanggal 01 September mulainya, tapi karena PMB diundur tanggal 02, kan aneh itu kuliah dulu baru PMB sehingga kuliahnya diundur menjadi tanggal 03 September. Yaa yang harusnya tanggal 01 September menjadi tanggal 03 September” jelas Eva Meizara selaku PD I Bidang Akademik Fakultas Psikologi.
Jadwal perkuliahan yang disesuaikan dengan jadwal dari Universitas ini ternyata agak membuat beberapa mahasiswa merasa belum siap dan merasa jadwal yang diberikan tidak begitu efisien. Hal ini dikarenakan masih ada dosen yang belum kembali mengajar dan juga ruangan perkuliahan yang belum digunakan sesuai fungsinya.
“Kalau dipapan pengumuman ya..seharusnya hari ini sudah kuliah. Tapi liatmi buktinya sekarang  tidak adapi  dosen dan jadi datang sia-sia jaki  jadinya. Na PHPki  begitue mahasiswa, kayaknya masih libur ini sampai minggu depan, karena pengaderan  juga sampai minggu depan. 5 6 7 jadi kayaknya bgitu”, ungkap mahasiswa 2013 yang akrab disapa Dede.
Hal yang senada juga dikeluarkan oleh salah satu mahasiswa 2012, Cita Maulia Sari. “Kalo jadwal kuliah untuk ini hari tuh belum efisien kayaknya , ruangan saya perhatikan dari ruangan di bb 101 sampai 105 itu masih digunakan buat maba isi KRS sedangkan kita sudah disuruh aktif kuliah seperti jam biasa, jadi menuurutku sebenarnya kita agak diundurlah sampai tanggal 8 jadi kan maba selesai urusannya, baru kita bisa enak benar-benar aktif begitu ”.
Selain persoalan mengenai jadwal kuliah yang belum efisien, dosen yang masih belum kembali mengajar dan ruangan yang masih belum seleuruhnya berfungsi, masalah mahasiswa yang masih dalam masa KKN juga menjadi masalah yang membutuhkan sebuah solusi. Namun, pihak dari fakultas memberikan sebuah kebijakan khusus untuk mahasiswa yang masih dalam masa KKN.
“Kalender akademik kita jalankan sesuai aturan yang ada. Nah,  kalaupun perdebatan yang masih KKN jadwalnya kenapa tidak pas, PLP tidak tau cara menyusunnya sehingga tidak sesuai dengan jadwal yang seharusnya” Jelas Eva Meizara. (WM, IMF, YY)

KLARIFIKASI:
      Eva Meizarah selaku PD I Fakultas Psikologi UNM menanggapi pernyataan dari Mahasiswa terkait pelaksanaan pembelajaran mengatakan bahwa pembelajaran telah berlangsung sejak tanggal 3 september, pengisisan KRS pun telah rampung sebelum diadakannya pembelajaran. Terkait dengan Mahasiswa yang mengambil KKN telah mendapatkan kebijakan dari fakultas hingga menyelesaikan KKNnya.