Masa jabatan Dekan Psikologi UNM, Syamsul Bachri Thalib, akan segera berakhir sehingga akan dilaksanakan pemilihan dekan baru. Muh. Nur Hidayat Nurdin sebagai salah satu anggota dalam kepanitiaan pemilihan dekan, mengemukakan bahwa pemilihan tersebut akan dilaksanakan pada 12 November 2014 mendatang oleh panitia yang telah dibentuk oleh senat. Prosedur pelaksanaannya yaitu penjaringan calon yang memenuhi syarat secara administratif, kemudian setelah itu panitia akan mengirim surat persetujuan kepada calon yang memenuhi syarat.  “Ya, kalau selama ini dilakukan kan kita menjaring dulu calon yang secara administratif memenuhi syarat kemudian panitia dalam hal ini sebagai perpanjangan tangan dari senat fakultas itu meminta kesediaan beliau-beliau yang memenuhi syarat  secara administratif  untuk diminta kesediaannya apakah bersedia  untuk mengikuti seleksi itu atau tidak. Jadi nanti panitia akan membuat surat pernyataan kesediaan atau tidak bersedia. Dan itu nanti yang menjadi dasar kita untuk menetapkan siapa yang jadi calon dekan berikutnya yang akan ikut dalam proses pemilihan selanjutnya,ujarnya.
Lebih lanjut dosen yang biasa disapa Dayat ini menjelaskan bahwa secara mendasar prosedur pelaksanaan tidak memiliki perbedaan dari tahun lalu. “Secara mendasar sebenarnya tidak ada perbedaan, karena kita tetap mengacu pada status kita yang berlaku yang menjadi acuan dan panduan kita untuk menyelenggarakan proses pendidikan, cuman tadi ada saran dari dosen tertentu yang menginginkan supaya tidak ada proses pemilihan yang ada hanya musyawarah dan mufakat, siapa yang kira-kira disepakati oleh mayoritas anggota senat ya, itu kemudian yang kita amanahkan untuk menjadi dekan selanjutnya, tapi itu sifatnya masih usulan, sampai sekarang belum ada keputusan apakah formatnya akan ada pemilihan  atau musyawarah  mufakat. Yang berbeda dari yang lalu,  periode ini senat mengusulkan adanya penandatangan akta integritas  yang harus diteken oleh siapapun yang terpilih untuk menduduki jabatan dekan mendatang sebagai bentuk komitmennya untuk kemajuan fakultas ini tentu saja”.
Menanggapi isu pemilihan dekan baru, Masyita Islamiah selaku sekretaris Kementrian Sosial Politik BEM Kema F.Psi UNM mengemukakan bahwa  “Rencananya itu dekan tahun lalu kita mau minta apa mengadakan forum pertanggungjawaban supaya masyarakat psikologi juga tau bagaimana ininya toh laporan pertanggungjawaban karena memang harus di pertanggungjawabkan kepada masyarakat psikologi semuanya. LPJnya toh diminta diforumkan atau setidaknya ada filenya sama kita”. [NH/NIT]