Malam pergantian tahun selalu dirayakan di banyak tempat. Petasan dan kembang api menjadi ciri umum perayaan ini. Seperti yang tampak di BTN Antara, Kecamatan Tamalanrea, Kamis (01/01), bunyi petasan dan kembang api yang bersahut-sahutan tandai pergantian tahun 2014 ke tahun 2015.

Walau berbahaya, bunyi petasan dan kembang api tetap saja muncul dari berbagai arah sejak Rabu malam hingga Kamis dini hari. Respon masyarakat pun beraneka ragam. Walau banyak yang senang dengan petasan dan kembang api, namun tidak sedikit pula yang merasa terganggung dengan bunyi yang meledak-ledak.

“Bakar-bakar petasan kan sebenarnya bahaya. Bunyinya juga mengganggu orang-orang yang sudah istirahat. Kasihan kan terbangun karena kaget
,” ungkap Mercy, salah seorang warga BTN Antara yang ditemui Kamis (01/01) lalu.

Lain Mercy, lain pula Ayu. Menurutnya kembang api sudah menjadi ciri khas pergantian tahun, meskipun keberadaannya juga membahayakan.Setiap tahun baru pasti bakar petasan atau kembang api. Bagus warna-warnanya. Bahaya ki memang kalo’ tidak hati-hati bakarnya,” ungkap gadis 15 tahun itu.


Antusiasme masyarakat dalam menyambut datangnya tahun baru diwujudkan dalam berbagai cara, tidak hanya berupa bakar petasan dan kembang api. Ada orang-orang yang memilih untuk meninggalkan daerah tempat tinggalnya untuk berlibur ke daerah lain. Ada pula yang memilih untuk di rumah saja berkumpul bersama keluarga. (ANN)


*Reporter dalam berita ini merupakan peserta Diklat Jurnalistik VII  yang  saat ini menjalani proses magang di LPM Psikogenesis.