Inaugurasi angkatan 2014 yang dilaksanakan pada Sabtu (07/02) lalu telah dilaporkan pertanggungjawabannya pada forum sidang yang dibuka pada Senin (23/02) di ruang BM Fakultas Psikologi UNM. Meski sempat tertunda akibat peserta yang tidak quorum akhirnya sidang dapat berlanjut hingga pembacaan LPJ oleh kepanitiaan.
Mengingat aturan terkait pelaksanaan LPJ kepanitiaan bahwa LPJ dilaksanakan paling lambat dua minggu setelah pelaksanaan kegiatan maka sidang LPJ Inaugurasi angkatan 2014 terhitung lewat dua hari dari jadwal pelaksanaan yang seharusnya (Selasa 21/02 -red).
Kasmi Arsan, selaku Ketua Komisi I Maperwa Kema F. Psi. UNM yang mengawasi kinerja Kementrian Penelitian dan Konseling sebagai pemegang tanggung jawab Inaugurasi Mahasiswa Baru menuturkan bahwa pemberian kebijakan tersebut atas dasar alasan rasional dan memaklumi keterlambatan menggelar forum karena baru pertama kali menjalani sebuah kepanitiaan, “Pertimbangannya kemarin itu ketuanya sempat ke ketua Maperwa minta kebijakan karena memang lagi sakit bendahara panitia. Jadi Maperwa rapatkan dan dikasi’ kebijakan, mengingat rasional ki alasannya karena sakit. Lagipula mereka juga mahasiswa baru jadi ini juga baru kepanitiaan  pertamanya mereka, untuk jadi bahan pembelajaran saja”, jelasnya.
Merunut pada sidang LPJ Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) November lalu, sidang LPJ tersebut tidak lagi diberikan kesempatan untuk melanjutkan sidang dikarenakan Insiden Tiga Belas Nopember  Gunung Sari (INSTING). Salah satu pengurus Maperwa Kema F. Psi. UNM, Muh. Reza Arfan, turut  membenarkan pernyataan Kasmi terkait bahwa kebijaksanaan yang diberikan karena Inaugurasi merupakan kepanitiaan pertama bagi mahasiswa baru. Mahasiswa yang akrab disapa Eja’ ini juga menambahkan bahwa kejadian untuk LPJ LDKM yang bertepatan dengan INSTING merupakan kelalaian baik dari BEM Kema F. Psi. UNM maupun Maperwa Kema F. Psi. UNM sendiri. “Kalo’ yang LDKM itu hari BEM sama Maperwa benar-benar luput karena fokus pada saat itu lebih ke INSTING”, ungkapnya saat ditemui di depan ruang sekreteriat Lembaga Kemahasiswaan F. Psi. UNM. (YNT)