Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang diadakan setiap tahunnya membuat mahasiswa berlomba-lomba berkreasi dalam perhelatan akbar itu. Fakultas Psikologi sendiri mengawali memotivasi mahasiswa dalam kegiatan "Pelatihan dan Workshop Manajemen dan Riset Bidikmisi" di ruang BM 101 Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM), Sabtu-Minggu (31/1-1/2).
Koordinator bidikmisi, Irwan, menjelaskan bahwa sebenarnya kegiatan itu adalah kegiatan universitas hanya dipercayakan diadakan pada fakultas masing-masing. "Ini masih termasuk rangkaian outbond yang diberikan untuk mahasiswa bidikmisi yang outputnya mahasiswa bidikmisi dapat menghasilkan karya-karya tulis, acara kemarin sebagai awalnya," ungkap mahasiswa angkatan 2012 ini.
     Hal yang sama diungkapkan Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan, Muhammad Ahkam, baha workshop itu merupakan langkah awal melatih mahasiswa yang selanjutnya akan diadakan pendampingan yang berorientasi pada penulisan PKM nantinya. "Kami akan adakan pendampingan setelah workshop dengan target pengiriman 150 PKM tahun ini, 70 dari bidikmisi dan selebihnya mahasiswa," ungkapnya saat ditemui di ruangannya.
     Senada dengan hal itu, Dekan Psikologi, Muhammad Jufri mengungkapkan akan terus memotivasi mahasiswa khususnya psikologi untuk menulis, apalagi dengan adanya ajang PKM ini. "Saya ingin mendorong mahasiswa untuk memiliki kemampuan dan skill yang bagus dalam bidang penulisan dan penelitian. Melalui moment PKM ini saya ingin mendorong mereka untuk aktif menulis," jelasnya.
    Jufri juga mengharapkan agar mahasiswa yang akan mengurus beasiswa nantinya diprioritaskan berpartisipasi dalam PKM serta aktif berlembaga. "Belum ada secara tertulis, tapi kami mengharapkan agar para pengurus lembaga kemahasiswaan maupun penerima beasiswa aktif dalam program-program seperti ini setidaknya tahun ini kita kirimkan 150 PKM," ungkapnya. (AY)