Kolokium yang menjadi agenda tahunan Asosiasi Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) kembali digelar, tahun ini Makassar menjadi tuan rumah penyelenggara. Mengangkat tema  "Pendidikan Psikologi dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean", kegiatan yang sudah memasuki edisi ke-25 itu diadakan di Hotel Aston (08-10/04).
Ketua Panitia, Eva Meizara Puspita Dewi mengungkapkan konsep acara ini yaitu ingin memperkenalkan kekhasan daerah dan membahas tentang isu terkini mengenai kebutuhan institusi psikologi ke depan. "Sekarang kan MEA 2015 maka kita akan membahas kurikulum, peluang, dan tantangan psikologi dalam menghadapi MEA 2015," ungkapnya.
Lebih lanjut, mantan Pembantu Dekan Bidang Akademik FPsi UNM ini mengungkapkan bahwa dengan adanya acara ini, institusi psikologi yang ada dapat saling bergandengan tangan, saling  membantu dan berbenah untuk kedepannya. Melalui kegiatan ini pula, perguruan tinggi yang kecil dapat belajar ke perguruan tinggi yang besar. "Tujuan kegiatan ini, AP2TPI maju bersama," katanya.
Lebih lanjut Eva mengungkapkan harapannya untuk kesuksesan acara dengan standar peserta puas mengenal dengan baik Makassar yang selama ini dianggap rusuh dan menakutkan."Saya harap mereka datang sendiri menyaksikan Makassar tidak seperti yang terlihat di TV selama ini," tutur Eva.
Koordinator Seksi Acara, Muhammad Daud, mengungkapkan agar pencapaian nantinya akan sesuai dengan tujuan diadakannya acara ini. "Jangan sampai kita melaksanakan acara pesan-kesan tidak sampai," ungkapnya.
Koordinator AP2TPI Wilayah Timur, Muhammad Jufri juga mengungkapkan apresiasi dan harapannya dengan koordinasi baik dari panitia akan menghasilkan acara yang mengesankan "Dengan kerjasama panitia, acara ini dapat dikenang para peserta," harapnya.
Peserta yang hadir sebanyak 260 orang dari 95 universitas dari 101 program studi psikologi yang ada di Indonesia. Acara ini turut menghadirkan Walikota, Rektor, PR1, PR4 dari UNM, Unhas, Unibos 45, dan UIT , dekan psikologi tiap universitas para peserta acara, serta Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan majelis wilayah.

Dalam acara ini juga diadakan penandatanganan MOU misi kerjasama peningkatan sinergi antara Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dengan Institusi Pendidikan Tinggi Psikologi. Dimulai dari wilayah timur yang terdiri dari Fakultas Psikologi Universitas 45 Bosowa, Psikologi UNM, Psikologi UIT, Psikologi UNHAS dan perwakilan HIMPSI selanjutnya diikuti seluruh wilayah lainnya. (AKL/YNT)