Loop Community  merupakan komunitas yang bergerak dalam bidang pendalaman potensi berbahasa Inggris mahasiswa khusus di lingkup Fakultas Psikologi UNM, akhirnya secara resmi membuka pendaftaran lomba debat bahasa Inggris pada tanggal 28 April-7 Mei 2015. Dengan persiapan setahun lamanya, komunitas yang lahir di F. Psi. UNM ini mengajak seluruh mahasiswa di F. Psi. UNM agar menunjukkan bakat berbahasa inggrisnya melalui lomba debat yang akan mereka gelar di F. Psi. UNM pada 8 Mei 2015 mendatang. Viktor Matanggaran selaku ketua pelaksana sekaligus salah satu pendiri komunitas Loop telah melakukan sosialisasi di setiap kelas. Peserta lomba ini akan dibebaskan dari biaya pendaftaran. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta, yaitu: peserta merupakan mahasiswa F. Psi. UNM, satu tim terdiri atas tiga orang (boleh lintas angkatan), mampu berbahasa inggris, memahami ilmu psikologi, dan siap mewakili F. Psi. UNM pada kompetisi debat tingkat universitas maupun nasional.
Dengan dukungan penuh dari Pembantu Dekan III, M. Ahkam, mengutarakan bahwa kegiatan lomba ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi potensi mahasisa F. Psi. UNM yang akan dipersiapkan untuk mengharumkan nama F. Psi. UNM di kanca nasional. “Tujuan pertamanya memang untuk mengidentifikasi bakat-bakat mahasiswa sekaligus mempersiapkan ke tingkat-tingkat untuk mengikuti ajang universitas maupun nasional”, jelasnya.
Ahkam juga menghimbau kepada seluruh mahasiswa F. Psi. UNM agar meningkatkan motivasinya dalam belajar berbahasa inggris. “Disamping untuk mengetahui potensi-potensi dan ini juga untuk memberikan motivasi sehingga banyak mahasiswa-mahasiswa yang mau belajar bahasa inggris karena tidak bisa dipungkiri bahasa inggris itu bahasa dunia. Dan buku text book kita kan pake bahasa inggris”, ungkap pria asal Jeneponto ini.
Viktor berharap dalam kegiatan lomba ini akan banyak mahasiswa yang ikut terlibat sehingga daftar prestasi F. Psi. UNM dapat lebih mditingkatkan lagi. “Mudah-mudahan semua mahasiswa dapat ikut karena sudah lama fakultas psikologi tidak menunjukkan prestasinya di tingkat nasional. Dulu dulu ada dua, tapi satu tahun terakhir tidak ada orang yang bahkan mewakili fakultas. Mudah-mudahan nanti banyak yang mau ikut,” harapnya.

Meski pihak pelaksana telah melakukan sosialisasi hingga masuk ke kelas-kelas perkuliahan, nyatanya masih juga ada mahasiswa yang tidak mengetahui tentang lomba yang akan diadakan tersebut. Jumardi, salah satu mahasiswa mengaku tidak mengetahui bahwa akan diadakan lomba debat bahasa Inggirs oleh Loop Community. Namun dirinya tetap mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. “Saya nda’ tau itu kalau ada lomba debat, saya baru dengar juga ini. Kalau saya nda’ ada pi kemampuanku untuk berdebat bahasa Inggris, masih minim sekali. Tapi kalau alasan ini dibuat untuk mencari potensinya mahasiswa-mahasiswa Psikologi, bagus sekali sebenarnya. Supaya diliat ki jelas siapa yang punya kapasitas,” tutur mahasiswa angkatan 2012 ini. (YNT)