(06/5) Musyawarah Besar (Mubes) XII Kema Fakultas Psikologi UNM merupakan forum musyawarah tertinggi yang dilaksanakan tiap tahunnya. Awalnya Mubes XII direncanakan akan diadakan pada minggu pertama di bulan Mei, yakni pada tanggal 08-09 Mei 2015. Kini rencana tersebut dipastikan akan diundur sampai minggu ketiga Mei.

Ainul Ilyas, selaku ketua panitia Mubes XII menuturkan bahwa penyebab diundurnya Mubes XII ini dikarenakan adanya berbagai gugatan yang masuk ke Maperwa Kema F. Psi. UNM terkait Pelaksanaan Pemilu. “Mubes direncanakan pekan ketiga Mei. Diundurnya itu berhubung kemarin ada gugatan, jadi ditindaklanjuti Maperwa”, jelasnya.

Sebagai pengingat, gugatan terkait pemilu ini disampaikan oleh tiga penggugat. Penggugat pertama, oleh Kelompok yang menyatakan diri sebagai Bawaslu (Badan Was-Was Pemilu), meminta agar Pemilu tidak dilaksanakan. Penggugat kedua, Laode Irfan yang meminta membatalkan  penetapan UU Pemilu Kema F. Psi. UNM yang memuat tentang mekanisme pemilihan Presma dan Ketua Umum Maperwa. Selain itu Laode juga meminta agar memberhentikan Victor Matanggaran sebagai Ketua KPU dan membubarkan KPU serta mengadakan Muslubsi. Penggugat ketiga yaitu Muh. Shany Kasysyaf yang tidak menyetujui syarat IPK sebagai salah satu kriteria Pemilihan Presma.

Laode Irfan yang melakukan gugatan sekaligus sebagai Panitia Pengarah Mubes XII mengungkapkan hal yang senada dengan Ainul. Menurutnya, Mubes diundur dikarenakan adanya gugatan mengenai aturan penetapan pemilihan yang menjadi salah satu agenda Mubes dan tentunya akan berdampak pada pemilihan ketua Maperwa dan pemilihan Presiden BEM. Imbasnya, Maperwa Kema F. Psi. UNM memilih untuk meninjau kembali Undang-Undang Pemilu yang berakibat rencana awal tentang pelaksanaan Pemilu tidak dapat terlaksana dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak dapat berjalan. Kenyataan tersebut dibenarkan oleh Nurfadilah Amalia Idris, selaku Ketua Maperwa Kema F. Psi. UNM. “Dalam pemilihan umum sebelum Mubes, Maperwa sementara ini tinjau ulang undang-undang pemilu, sehingga tim KPU belum bisa jalan”, tegasnya.


Terkait dengan konsep Mubes XII tahun ini, pihak panitia hanya menjelaskan bahwa konsep kali ini hampir sama dengan tahun lalu. Persiapan yang dilakukan oleh panitia hingga saat ini sudah cukup matang kecuali tempat Mubes yang belum ditentukan hingga saat ini. (EHT/YNT)