Sejak 31 Agustus 2015 kemarin, sebanyak 172 mahasiswa baru (Maba) Fakultas Psikologi (F.Psi) Universitas Negeri Makassar mengikuti kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang dilaksanakan oleh F. Psi. UNM. PMB tahun ajaran 2015/2016 ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, yakni 31 Agustus – 2 September 2015.
Muhammad Ahkam selaku Pembantu Dekan III F.Psi UNM sekaligus Ketua Panitia dalam kegiatan ini mengatakan bahwa PMB dilaksanakan dengan maksud untuk mengenalkan secara menyeluruh tentang F. Psi. UNM kepada 172 Maba yang telah dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa tahun 2015. “PMB ini bertujuan untuk pengenalan kampus dan mengajarkan bagaimana mahasiswa baru beradaptasi, dan bagaimana mereka bisa berkreativitas dalam bidang penelitian dan pengabdian,” jelasnya (31/08).
Untuk mewujudkan tujuan pelaksanaan PMB ini, panitia telah menyusun kegiatan-kegiatan yang akan mengisi tiga hari PMB di F. Psi. UNM, antara lain Workshop pengenalan kampus yang berisi materi-materi tentang kelembagaan yang sebagian besar dibawakan oleh dosen-dosen dari F. Psi. itu sendiri. Di hari kedua maba angkatan 2015 diberikan materi mengenai manajemen diri yang berisi materi tentang strategi belajar di perguruan tinggi, materi berkomunikasi dengan kakak-kakak, dosen, dan seluruh warga masyarakat F. Psi. UNM, dan terakhir materi tentang pengenalan diri. Hari terakhir PMB diisi dengan Workshop PKM yang akan mendukung program Fakultas yang menargetkan akan mengirim sebanyak 200 PKM untuk peningkatan akreditasi F. Psi. UNM. Setiap materi dijelaskan oleh pemateri-pemateri yang kompeten dibidangnya. “Pemateri hari pertama rata-rata diisi oleh ketua kelembagaan seperti Pembantu Dekan I (PD I), Pembantu Dekan II (PD II), Pembantu Dekan III (PD III) dan sebagainya, sedangkan dihari kedua dan ketiga akan diisi oleh orang-orang yang ahli dibidangnya tetapi sebagian besar akan diisi oleh dosen-dosen disini,” jelas pria yang telah menjabat sebagai PD III selama dua periode berturut-turut ini, Senin (31/08) kemarin.
Hari pertama PMB Fakultas bukan hanya dihadiri oleh segenap civitas Fakultas Psikologi tetapi juga dihadiri oleh Pembantu Rektor II, Pembantu Rektor IV, Kepala Bagian (Kabag.) Humas Jalaluddin Mulbar, AKP. Eny Hartati, dan  Kabag. Lantas di Gowa. Selain itu, Lily, Kasat narkoba Polres Kabupaten Gowa memberikan wawasan kepada Mahasiswa Baru bagaimana menjadi mahasiswa yang turut berpartisipasi dalam menjaga ketertiban.
Muhammad Ahkam antusias dan berharap bahwa mahasiswa baru Fakultas Psikologi UNM tahun ajaran 2015/2016 yang telah mengikuti kegiatan PMB Fakultas akan merasa senang menjadi bagian dari Fakultas Psikologi UNM, “Mahasiswa baru akan menjadi keluarga besar Fakultas Psikologi UNM, dan harapan kita bahwa mereka akan senang berada di Fakultas Psikologi UNM,” ungkapnya.PMB : Langkah Awal Maba Bekali Diri (AF)

Posting Komentar