Dua hari menjelang pelaksanaan pendidikan dasar pertama, Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (Real), Kamis-Minggu (10-13/9) di gedung Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM). Pihak panitia melalui sekretarisnya, Adlia Julia Sari, menyatakan telah siap 80%.
“Mengingat REAL sudah H-2 kesiapan panitia sudah sampai 80%, tinggal tunggu fix dari pemateri kemudian akan disurati dan menunggu terlaksananya REAL,” tutur gadis asal Makassar ini.
REAL merupakan satu dari serangkaian pengaderan wajib bagi mahasiswa Fakultas Psikologi UNM yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kema F. Psi.UNM. Menurut Anggaran Rumah Tangga (ART) Kema F. Psi. UNM pasal 1, keharusan mengikuti pengaderan ini berkaitan dengan syarat untuk menjadi anggota biasa di lingkup Kema F. Psi. UNM. Setelah mahasiswa baru menamatkan seluruh rangkaian pengaderan, barulah bisa beralih status menjadi anggota aktif dengan bergabung sebagai pengurus di salah satu lembaga kemahasiswaan yang ada di F. Psi. UNM.
Salah satu staf Kementrian Pendidikan dan Pelatihan (kamendiklat) menyatakan bahwa konsekuensi bagi mahasiswa yang tidak mengikuti REAL adalah persoalan mendapatkan status keanggotaan dalam Kema F. Psi. UNM. “Konsekuensi untuk mahasiswa baru yang tidak mengikuti REAL yaitu berdampak bagi pribadi mereka masing-masing karena akan susah untuk mengubah status mereka dari anggota muda menjadi anggota biasa. Selain itu, mahasiswa baru juga tidak bisa bergabung dengan Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) F.Psi UNM,” tuturnya.(AL)

Posting Komentar