Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia Komunitas Go Pangan Lokal Makassar yang diwadahi oleh MITI (Masyarakat Ilmuan dan Teknologi Indonesia)   mencoba mengusung tema Petisi Penggagas Pangan Lokal Makassar dengan berbagai kegiatan terkait dengan peringatan tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan oleh gabungan beberapa pemuda dan mahasiswa Perguruan Tinggi di Makassar ini bertujuan untuk menjawab keresahan beberapa masyarakat dengan kebiasaan hidup konsumtif dan praktis. Mereka memandang bahwa  sekarang kebanyakan masyarakat lebih memilih mengomsumsi makanan instan cepat saji dibanding mengkomsumsi makanan lokal sendiri. 

Persiapan yang dilakukan untuk meyukseskan kegiatan ini memerlukan waktu sekitar 3 sampai 4 bulan. Adapun beberapa kegiatan tersebut  diantaranya melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk memperkenalkan kepada para siswa dan siswi mengenai pangan–pangan lokal indonesia khususnya Makassar. Dari beberapa kegiatan yang telah dilakukan, puncaknya tepat tanggal 18 oktober 2015 para anggota yang tergabung dalam komunitas tersebut melakukan perjalanan dari Benteng Rotterdam ke Pantai Losari membagikan pangan-pangan lokal khas Makassar kepada masyarakat.  “puncaknya hari ini, kami melakukan perjalanan dari Benteng ke Pantai Losari membagikan pangan-pangan lokal kepada masyarakat," tutur Rizki selaku kordinator acara.

Selain itu, Rizki menuturkan pula bahwa kegiatan ini akan berlanjut dengan melakukan sosialisasi ke beberapa sekolah yang ada di Makassar guna untuk memperkenalkan pangan lokal indonesia ke Siswa dan Siswi dan perencanaan penanaman beberapa pangan lokal yang bertempat di Lahan kota Maros dan Pangkep. (NH)