Pendampingan Mahasiswa Baru (Maba) Fakultas Psikologi UNM  (Ist)
(Sumber: Dokumentasi Psikogenesis)
Program Pendampingan Mahasiswa Baru (Maba) dari Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) semakin tak menampakkan diri karena hilangnya koordinasi oleh para pendamping.

Menteri Kemendiklat, Ashari Ramadhana T. mengemukakan bahwa fokus yang saat ini dibangun tidak sesuai dengan yang disepakati di berita menyebabkan beberapa kelompok belum melakukan pendampingan sehingga hilang koordinasi. "Saat ini fokus adaptasi dan dinamika kelompok jadi pelan-pelan hilang koordinasi dengan kakak pendamping," jelasnya.

Mahasiswa angkatan 2012 ini juga menekankan bahwa pendampingan masih menggunakan pakem-pakem lalu, perlu dilakukan perpanjangan serta penyusunan materi baru demi mendukung program ini sesuai tujuan yang diharapkan. 

"Pendampingan saya fokus mempengaruhi adaptasi dengan psikologi, kakak-kakak dan teman-temannya tidak berdampak signifikan makanya diperpanjang dan perlu materi baru," jelasnya. (AY)