Kelompok Pecinta perpustakaan Fakultas Psikologi (F.Psi) Universitas Negeri Makassar (UNM) Hanya sebatas nama belaka. Pasalnya, sejak diterbitkannya surat keputusanpada 28 Mei 2015 lalu, hanya satu dua orang saja yang aktif bertugas. Kelompok Pecinta Perpustakaan merupakan tim relawan perpustakaan yang berjumlah 20 orang , terdiri dari 10 mahasiswa bidik misi dan 10 mahasiswa reguler FPsi UNM yang sukarela bergabung. Kelompok ini bertujuan untuk membantu pelayanan di perpustakaan FPsi UNM, seperti transaksi peminjaman dan perpanjangan buku, menyusun buku dan skripsi, serta membuat kartu bagi anggota baru.

Salah satu anggota kelompok pecinta perpustakaan, Andi Mekar Sari membenarkan bahwa sejak keluarnya surat keputusan hanya satu dua orang saja yang aktif menjadi pecinta perpustakaan.“Sejak keluarnya SK,memang yang selalusaya temani cuma satu dua orang ji yang aktif disitu jadi pecinta perpus,ungkap mahasiswa asal Bulukumba ini.

Muhaimin Jabbar yang juga terdaftar sebagai salah satu anggota kelompok pecinta perpustakaan mengungkapkan bahwa kesibukan mengerjakan tugas serta kehadiran pustakawati bernama Marlina dan siswa PKL (Praktek Kerja Lapangan) menjadi alasan yang membuatnya malas bertugas. “Awal-awal ji jalan, tapi karena dulu ada anak PKL jadi jarang miki bantu-bantu, sibuk ki juga karena banyak tugas terus ada mi juga ibu yang bantu-bantu Pak Fahri, jadi yah malas ji ke atas,” tutur mahasiswa angkatan 2014 yang akrab disapa Mimin itu.


Fachri Nurdin selaku pustakawan di perpustakaan Fakultas Psikologi (FPsi)mengutarakan harapannya untuk kelompok pecinta perpustakaan agar tetap meluangkan waktu untuk menjalankan amanahnya di perpustakaanmeskipun mereka sibuk. “Saya maunya kalau ada waktunya jalan lah ke perpus lihat-lihat sesuai dengan SKnya, ” ungkapnya ketika ditemui disela – sela kegiatannya. (013)


*Reporter dalam berita ini merupakan peserta Diklat Jurnalistik VIII  yang  saat ini menjalani proses magang di LPM Psikogenesis