Sumber : Panitia : PMP-OMK XIX
Pembukaan dan technical meeting Pelantikan Metodologi Penelitian-Orientasi Manajemen Keorganisasian (PMP-OMK) Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) diikuti oleh 526 peserta yang sebelumnya telah melulusi seleksi berkas.

Mahasiswa yang berasal dari berbagai Fakultas tersebut selanjutnya akan melalui beberapa tes seperti Focus Group Discussion (FGD) , wawancara, dan tes tertulis. . “Di PMP-OMK ini ada dua hal yang harus ditanamkan ke peserta yaitu tentang penelitian dan keorganisasian. Setelah technical meeting ini mereka akan mengikuti 3 tes, FGD, wawancara dan tes tertulis.” Ungkap Nur Ikhsan selaku ketua panitia PMP-OMK XIX.

Mahasiswa jurusan Geografi itu menambahkan bahwa peserta yang telah lulus tahap seleksi akan mengikuti tahap PMP (Pelatihan Metodologi Penelitian) yang akan dibimbing langsung oleh para Dosen Universitas Negeri Makassar yang kompeten dalam bidang penelitian, “Nanti setelah mereka lulus tes, mereka akan masuk tahap PMP dan disini nanti mereka akan diberikan materi tentang penelitian dan yang membawakan materi itu dari dosen-dosen UNM yang capable dibidang penelitian,” ungkapnya.

Fathul Ishar Salah satu peserta PMP-OMK XIX LPM Penalaran mengungkapkan bahwa dengan ikutnya di penalaran ia berharap mampu memberi manfaat kepada banyak orang. “Kalau mengenai tujuan itu untuk berproses, bagaimana menambah ilmu pengetahuan jadi lebih baik. Supaya kita bisa bermanfaat kepada banyak orang,” ungkapnya.


FGD akan berlangsung pada 15 – 19 maret, tes tertulis berlangsung pada 20 Maret sedangkan  Wawancara pada 21-23 Maret. (AF/NL)