Ilustrasi: contoh pesan singkat yang tidak efektif 
Akibat komunikasi yang tidak efektif dari mahasiswannya, BW, selaku dosen pembimbing skripsi mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) mengundurkan diri.

Pengunduran diri dosen tersebut dikarenakan mahasiswa yang bersangkutan mengirimkan pesan singkat kepada BW untuk meminta tanda tangan sebagai dosen pendampingnya. Namun naas, isi pesan yang dikirimkan justru dianggap tidak layak untuk dikirimkan kepada dosen.  “Saya tidak ingat persis apa isinya, tapi intinya itu anak mau ketemu BW untuk minta tanda tangan, tapi menurut ukurannya (baca: BW) itu tidak sopan,” ungkap Muh. Nur Hidayat Nurdin, selaku Ketua Program studi Fakultas psikologi. 


Saat menerima pesan tersebut BW juga sempat mengomunikasikan kepada Pendamping Akademik DMS. Namun saat ditemui, dosen pendamping akademik mahasiswa tersebut mengaku sering mengalami hal serupa. “BW itu sempat ngobrol dengan mbak I  sebagai pendamping akademiknya, tapi dari mba I juga dapat informasi kalau pesan yang seperti itu mirip-mirip dengan pesan yang sering na terima juga,” ungkapnya. (AWZ)