Ahad, 10 April 2016. Setelah melaksanakan Pelatihan Metodologi Penelitian XIX (PMP XIX) selama 3 hari yang berlokasi di LPPPTK KPTK Gowa, Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM) selanjutnya mengadakan seminar proposal penelitian peserta PMP. Peserta PMP XIX LPM Penalaran UNM dibagi menjadi 15 kelompok penelitian. Ke-15 kelompok penelitian tersebut terbagi atas 3 kategori penelitian yaitu penelitian kategori sains, kategori sosial humaniora dan kategori pendidikan. Selama 3 hari, ke-15 kelompok penelitian tersebut diberikan materi mengenai dasar-dasar penelitian dan tata cara pembuatan proposal penelitian yang kemudian dilanjutkan mentoring langsung oleh beberapa mentor penelitian yang kompeten. Pada hari keempat, hasil dari pelatihan tersebut  diwujudkan menjadi 1 proposal penelitian yang kemudian diseminarkan.

Adapun teknis pelaksanaan dari kegiatan seminar proposal ini yaitu kelompok penelitian yang terbentuk dibagi menjadi 3 ruangan yang disesuaikan dengan kategori masing-masing kelompok. Setiap kelompok kemudian diberikan waktu untuk mempresentasikan hasil proposal penelitiannya selama 7 menit, yang selanjutnya ditanggapi oleh beberapa penanggap yang kompeten dimasing-masing tema penelitian.

Adapun judul-judul penelitian kategori sosial humaniora yaitu: Uang Panai’ dalam Persepsi To Mangkasarak, Pengaruh Intensitas Pengunaan Smartphone terhadap Perilaku Cyberbullying Siswa SMA dan Pesantren di Kota Makassar, Resistensi Pedagang Kaki Lima kawasan Kampus UNM Parang Tambung ditengah Wacana Penggusuran, Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Profesionalitas Petugas Kebersihan di kota Makassar, Hubungan Kecanduan Games Online dengan Manajemen Waktu Pelajar mahasiswa UNM angkatan 2015 dan Pengembangan Kualitas Bank Syariah dalam Perspektif Syariah: Studi Kasus pada Bank Syariah di kota Makassar.

Adapun judul-judul penelitian kategori pendidikan yaitu: Analisis Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di SD Inpres Maccini Baru kota Makassar ditinjau dari Aspek Kesiapan tenaga pendidik, Analisis Sistem Pengelolaan Beasiswa Bidikmisi UNM, Analisis Faktor yang memengaruhi Kinerja Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada SMA Negeri 17 Makassar, Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akademik (SIA) UNM terhadap Kepuasaan Mahasiswa UNM dan Pengaruh Penerapan Kebijakan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Adapun judul-judul penelitian kategori Sains yaitu: Formulasi Capudak (Cangkang, Kepala Udang, Ampas Kelapa, dan Dedak)sebagai Pakan Ternak Alternatif Ayam Broiler, Pengaruh Waktu Fermentasi terhadap Kelistrikan Sel Accu dengan mengunakan Larutan Kulit Mangga (Mangifera Indica), Evaluasi Kesesuaian Lahan Pemukiman pada Daerah Rawan Abrasi di kelurahan Tanjung Merdeka kecamatan Tamalate kota Makassar dan Formulasi Daun Papaya (Carica Papaya L.) dan Daun Putri Malu (Mimosa Pudica L.) sebagai Pestisida Alami untuk Membasmi Hama Kutu Veras (Sitophylus aryzae L.).

*Ditulis oleh : Tim Pubdok PMP-OMK XIX LPM Penalaran UNM (Muhammad Nasrullah, Muh Nurul Kamal Purnama, Afiq Agung, Sella Arsyta dan Fonni Yusdian)

Sumber foto: Tim Pubdok PMP-OMK XIX LPM Penalaran UNM

Posting Komentar