Sosialisasi Borang yang dilaksaakan di gedung BM 101
Kamis (21/04/2016) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan sosialisasi borang akreditasi dan komisi disiplin. Sosialisasi tersebut akan diadakan di gedung BM 101 FPsi UNM pada pukul 16.00 Wita. Sosialisasi yang dilaksanakan pada kamis (21/04) tersebut hanya diperuntukkan kepada mahasiswa FPsi angkatan 2015.

Sosialisai tersebut diadakan untuk mempersiapkan mahasiswa terkait visitasi oleh assessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT) yang dikabarkan akan datang pada awal Mei mendatang. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Pembantu Dekan (PD) I FPsi UNM, PD II, Ketua Komisi Disiplin (Komdis) dan dua anggota Komdis. Tujuh standar penilaian borang akreditasi dijelaskan dalam sosialisasi tersebut, mulai dari standar pertama yaitu visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian fakultas hingga standar penilaian terakhir. Standar tersebut dijelaskan secara bergantian oleh para pimpinan fakultas yang hadir. Sosialisasi borang akreditasi kepada mahasiswa FPsi UNM ini dilaksanakan agar mahasiswa turut mengetahui dan memahami borang akreditasi yang telah dikirimkan ke BAN-PT. “Jadi harapannya itu mahasiswa bisa tau juga apa isi borang yang telah dikirimkan,” ungkap Ahkam selaku pembantu dekan III FPsi UNM. Nurhidaya menambahkan bahwa tujuan diadakannya sosialisasi tersebut adalah agar setiap komponen fakultas dapat berkontribusi dengan kapasitsa masing-masing untuk peningkatan akreditasi yang saat ini telah ada fakultas psikologi di Makassar yang telah mendapatakan akretitasi B. “Tujuannya untuk memastikan borang diketahui seluruh komponen supaya dapat berkontribusi maksimal dengan kapasitas masing-masing,” ungkap dosen yang sering disapa Dayat itu.

Sosialisai borang tersebut juga dirangkaikan dengan sosialisasi mengenai komdis. FPSi  memperkenalkan lebih jauh mengenai stuktur keanggotaan Komdis dan tugas-tugas yang dikerjakannya, agar mahasiswa dapat mengetahui lebih baik dan tidak menjadikan Komdis sebagai pembatas ruang gerak dan ancaman. Komdis juga menjelaskan mengenai aturan-aturan yang ada di FPsi dan beberapa kasus yang telah dan sedang ditangani oleh komdis. “Komisi disiplin ini bukan satu unit yang berupaya untuk memata-matai mahsiswa, tapi komisi disiplin ini ingin memberikan kodisi yang nyaman dan disiplin untuk kampus kita ini,” ungkap Ahmad yang merupakan ketua Komdis FPsi UNM.

Sosialisasi borang akreditasi tersebut tidak hanya diberikan kepada angkatan 2015 FPsi UNM, tapi juga nantinya akan diberikan untuk seluruh mahasiswa FPsi UNM. Sosialisasi tersebut nantinya akan diadakan untuk tiap angkatan yang selanjutnya pihak fakultas akan menentukan waktu yang sesuai dengan jadwal kegiatan angkatan tersebut. (AFH)