M. Ahkam A, S.Psi., selaku Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan
Menjabat selama dua periode berturut-turut sebagai Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan di Fakultas Psikologi UNM membuat kedekatan emosional  M. Ahkam A, S.Psi., M.Si sebagai Ayah sekaligus sahabat mahasiswa lekat dengan pria kelahiran Jeneponto, 18 Mei 1970 ini. 

Selama masa jabatannya, penghargaan demi penghargaan sebagai dosen teladan 2 tingkat fakultas pada tahun 2011 dan 2012 serta terbaik 1 dosen paling bersahabat dengan mahasiswa pada tahun 2015 telah sukses diraihnya. 

Meski dirasa menyenangkan bergaul dengan mahasiswa yang dirasa hebat-hebat dan memiliki potensi yang sangat bagus dengan prestasi nasional dan internasional, namun upaya untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki mahasiswanya menjadi tantangan tersendiri agar mahasiswa tidak salah bergaul di tempat-tempat lain yang dapat membuatnya melupakan budaya-budaya di Psikologi serta membuatkan strategi-strategi untuk memfasilitasi potensi yang telah ada. “Budaya kita kan bagaimana mahasiswa berprestasi, yah tantangannya bagaimana supaya bisa dipertahankan,” tuturnya.

Kesibukannya selama menjabat, tak serta-merta membuat alumni Universitas Gadjah Mada ini lupa dengan keluarga. Memberi pengertian kepada keluarganya tentang tugas dan tanggungjawabnya di institusi dianggap sebagai jalan terbaik agar keluarganya mengerti dengan usaha yang tengah dilakukan demi fakultas dan di lingkungan universitas. “Alhamdulilah keluarga sangat paham dengan situasi PDIII dan kalau Sabtu-Minggu tidak ada kegiatan dapat dimanfaatkan dengan keluarga,” terangnya. 

Menyadari profesinya sebagai dosen yang memiliki tuntutan sebagai sebenar-benarnya akademisi, anggota Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) ini telah mempersiapkan rencana untuk melanjutkan pendidikan S3nya di Universitas Airlangga dan akan mulai kuliah pada bulan September 2016 mendatang. “Rencana dalam waktu dekat ini saya akan studi,” ungkapnya. Beliau pun menutup dengan memberikan ungkapan “Selamat Berkarya”. (*)