Foto bersama Mahasiswa Fakultas Psikologi yang melaksanakan Program KKA bersama tenaga pengajar di PPPUM

Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerja sama dengan Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin (PPPUM) Sulawesi Selatan (Sul-sel) untuk mahasiswa FPsi UNM menjalakan Kuliah Kerja Alternatif (KKA). KKA merupakan sebuah program kegiatan perkuliahan yang dilaksanakan mahasiswa dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi dan pengaplikasian dari program studi yang dijalankan, seperti halnya Kuliah Kerja Nyata (KKN). meski dengan tujuan yang sama, KKN dan KKA memiliki bentuk yang berbeda. penerapan KKN mengarah pada pengabdian, pendidikan dan penelitian dalam lingkungan sosial masyarakat untuk dibuatkan program kerja, sedangkan penerapan tridarma perguruan tinggi tersebut dalam KKA lebih mengarah pada sebuah instansi tertentu.

Mahasiswi FPsi UNM yang menjalankan KKA di PPPUM, yaitu Husnul Ma’abi DJ, Retno Nurdayanti dan  Nurul Fauziah yang semuanya merupakan mahasiswa dari angkatan 2012. Dalam melaksanakan  program KKA, mahasiswi tersebut menjalankan beberapa program kerja (proker) dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi dan pengaplikasian ilmu dari program studi, dalam hal ini psikologi. Proker yang jalankan yaitu, pelaksanaan sebuah seminar, program konseling individu dan kelompok, pemberian tes minat dan bakat, pendampingan pemilihan jurusa, pendampingan IKatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan pemberian tes wawancara kepada santri SMP yang akan lanjut SMA.

Kerja sama FPsi UNM dengan PPPUM tersebut tidak hanya untuk pelaksanaan KKA mahasiswa, namun juga untuk menjalankan pengembangan layanan psikologi dalam masyarakat. kerjasama tersebut menjadi iplementasi dari visi misi yang dilaksanakan FPsi UNM. selain dengan PPPUM, FPsi UNM juga bekerja sama dengan instansi pemerintahan, yaitu Badan Narkotika Nasional (BNN) dan lembaga - lembaga lainnya.



Citizen Journalism : Rilis berita oleh Retno Nurdayanti