Hasil Penetapan Kandidat Presiden Mahasiswa yang sebelumnya telah di tetapkan oleh KPU (12/05) akan ditinjau kembali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Psikologi (F.Psi) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan meninjau kembali penetapan Nomer Urut dan kandidat Presiden Mahasiswa. Sebelumnya KPU telah melaksanakan pencabutan nomer urut calon Presiden Mahasiswa Fakultas Psikologi pada Kamis, (12/05).

Dua kandidat yang akan beradu memperebutkan posisi sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa untuk periode berikutnya yaitu Muhammad Riszky sebagai kandidat nomer urut satu dan Asmar Tahirman nomer dua. Hasilnya disampaikan langsung secara resmi melalui akun milik KPU di sosial media.

Sayangnya, hal itu justru mengundang tanya dari pemilik akun bernama Laode Irfan (12/05). Menurutnya penetapan calon tidak melalui uji kelayakan sementara uji kelayakan sebenarnya di adakan dalam agenda KPU. “Tak ada uji kelayakan karena entah dengan apa bakal calon telah dinyatakan lulus sebagai calon. Wah mekanismenya kren,” ungapnya saat mengomentari salah satu postingan KPU.

KPU telah menetapkan bahwa dalam mekanisme penetapan kandidat, akan dilakukan Uji Panelis dan Dialog Publik sayangnya KPU  keliru dalam melaksanakan tugasnya. KPU menetapkan kandidat sebelum melakukan uji kelayakan.  Menanggapi hal tersebut ketua KPU yang kerap disapa Fitrah menyampaikan bahwa masa tes kedua calon sebenarnya belum selesai namun KPU sendiri telah menetapkan nomer kandidat.

Fitrah Selaku ketua KPU, (13/05) meminta maaf kepada seluruh masyarakat psikologi, ia mengungkapkan kejadian ini menjadi pelajaran bagi KPU agar kordinasinya kepada Maparwa diperbaiki dan tidak lagi tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. “Jadi pelajaran perlu koordinasi antara KPU dan Maperwa agar tidak tergesa gesa dalam mengambil keputusan,” ungkapnya.

Alhasil, KPU F.Psi UNM akan  melakukan Peninjauan Kembali Penetapan Kandidat Presiden Mahasiswa dan Nomor Urut. Penetapan Kandidat akan dilakukan setelah Uji Kelayakan (baca; Uji Panelis) dan Uji Publik. Uji Kelayakan akan dilakukan pada Hari Senin, (16/05) dan Uji Publik akan
dilaksanakan pada Hari Selasa, (17/05). (AWZ)