Pembukaan secara resmi PIN dengan pemukulan gong oleh ketua HIMPSI wilayah Timur, Asniar Khumas di ruang BM101 (17/05)
Pekan Keilmuan Nasional (PIN) Psikologi Islam oleh Forum Studi Islam (FSI) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) dibuka secara resmi oleh Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Timur di ruang BM101, (17/05). 

Husain Anandatama Luthfi selaku Ketua Panitia PIN mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini sesuai dengan tema yang diangkat yaitu "Membangkitkan Khazanah Psikologi Islam Menuju Indonesia Beradab" sehingga berdampak positif bagi masyarakat "Tujuannya sesuai tema agar menjadi solusi bagi masyarakat," tuturnya.

Sri Rahman selaku Ketua Umum FSI menuturkan bahwa pelaksanaan PIN ini disertai dengan seminar nasional dan lomba poster untuk bersama-sama berjuang mengharumkan nama universitas masing-masing. "Kami adakan lomba poster dan seminar tujuannya untuk dakwah," tuturnya.

Andi Ikhsan Marzuki yang mewakili Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan (PRIII) UNM, menyampaikan ucapan selamat dan merasa salut kepada FSI karena telah sukses melaksanakan kegiatan nasional yang menghadirkan orang-orang di luar UNM. "Kami salut karena sebuah organisasi kecil namun mampu melaksanakan kegiatan intelektual nasional," ungkapnya. 

Asniar Khumas selaku Ketua Himpsi Wilayah Timur mengungkapkan kerjasama PIN dan Himpsi dilakukan atas kesamaan tujuan untuk memberikan psikoedukasi khususnya dalam bidang keislaman. "Kerjasama PIN bersama Himpsi, peradaban Islam makin jaya," ungkapnya.

Setelah pembukaan ini, peserta akan melaksanakan technical meeting, malam ta'aruf, presentasi karya, dan kegiatan puncak berupa seminar nasional yang dirangkaikan dengan Pengukuhan Ketua Asosiasi Psikologi Islam (API), pengumuman lomba poster tingkat nasional dan terapi islami. (AY)