Sumber : Dokumentasi Panitia PMP XIX
Sabtu, 7 Mei 2016 LPM Penalaran UNM mengadakan seminar hasil penelitian peserta Pelatihan Metodologi Penelitian (PMP) XIX yang dilaksanakan di gedung FF FMIPA UNM. Kegiatan ini merupakan rangkaian perekrutan anggota baru PMP-OMK XIX. Sebelum seminar hasil penelitian ini, peserta sebelumnya telah menyeminar proposalkan penelitiannya yang diadakan di LPPTK KTPK Gowa, Sulawesi Selatan. Peserta diberikan waktu 3 minggu untuk mengadakan penelitian lapangan setelah seminar proposal tersebut dan melaporkan hasil penelitiannya pada seminar hasil kali ini. Pada seminar hasil, peserta dibagi atas dua kelas yaitu kelas kelompok penelitian sains pendidikan dan kelompok penelitian soshum. Setiap kelas kelompok penelitian ditanggapi oleh 3 penanggap yang merupakan alumni LPM Penalaran UNM.

Judul-judul penelitian kelas kelompok sains pendidikan yaitu studi kesesuaian lahan pantai wisata Tanjung Bayang kecamatan Tamalate kota Makassar berdasarkan karakteristik oseanografi, perbedaan motivasi belajar antara sekolah yang menerapkan kebijakan sistem kelas tuntas berkelanjutan dengan sekolah  yang tidak menerapkan kebijakan sistem kelas tuntas berkelanjutan (SKTB), analisis faktor dominan yang memengaruhi kinerja guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada MAN 2 Model Makassar, formulasi cacing tanah, ampas tahu dan daun gamal (CAG) sebagai pakan alternatif kambing lokal, formulasi daun  papaya (Carica Papaya) dan daun putri malu (Mimosa pudica L.) sebagai pestisida alami untuk membasmi hama kutu beras (Sitophylus Oryzae L.),   Pengaruh waktu fermentasi terhadap kelistrikan dari sel accu dengan mengunakan larutan kulit mangga  (Mangifera indica).

Judul-judul Penelitian dari kelas Soshum yaitu pengaruh pengunaan jejaring sosial terhadap perilaku cyberbullying SMAN 12 Makassar, pengaruh kinerja petugas truk tangkasaki terhadap kepuasaan masyarakat di kecamatan Rappocini kota Makassar, hubungan kecanduan game flash of clans (COC) dengan manajemen waktu pada remaja di kota Makassar, analisis minat berorganisasi mahasiswa bidikmisi angkatan 2015 UNM, studi pelaksanaan pendidikan inklusif di SD Inpres Maccini Baru kota Makassar ditinjau dari aspek kesiapan tenaga pendidik, efektifitas pengelolaan zakat pada dompet dhuafa di kota Makassar.


Citizen Journalism
Rilis berita oleh Fonni Yusdian