Sumber: www.beritasatu.com
Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Mandiri (PMBM) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang telah dibuka sejak Kamis, (23/06) masih terus mendapatkan kontroversi. Fakultas Psikologi (FPsi) UNM yang sebelumnya dikabarkan meniadakan jalur mandiri berubah pikiran dan kembali memperadakan jalur terakhir ini bagi calon mahasiswa baru (camaba) tahun 2016.

Muhammad Jufri, selaku Dekan FPsi UNM mengatakan bahwa alasan dibalik pengadaan kembali jalur mandiri yaitu adanya pertimbangan dari pihak lain yang mengatakan bahwa jalur mandiri adalah hak dari calon maba yang tidak lulus pada jalur SNMPTN ataupun SBMPTN. “Menurut tim visitasi, ada hak dari masyarakat untuk masuk dari jalur itu, makanya pemerintah membuka jalur itu,” ujar pria yang akrab disapa Jufri itu.

Jufri menambahkan alasan lain dibukanya jalur mandiri yaitu tuntutan kebutuhan masyarakat dan sistem untuk membuka jalur mandiri serta akreditasi yang ditargetkan akan berubah "Kita punya kemampuan SDM dengan dosen-dosen yang cukup, ditambah dengan beberapa asisten yang direkrut dan kembalinya dosen yang telah selesai S3 serta fasilitas pendukung kita juga tidak mengecewakan,” jelasnya. (NL)