Formulir pendaftaran semester pendek FPsi UNM
Sumber: dok. mahasiswa FPsi UNM
Program Semester Pendek (SP) oleh Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) masih belum jelas. Kurangnya sosialisasi dari pihak fakultas mengakibatkan kebingungan dari mahasiswa. Asniar Khumas selaku Pembantu Dekan I FPsi UNM mengatakan bahwa SP adalah program dari pihak universitas yang akan diberlakukan bagi mahasiswa yang masa aktif kuliahnya hampir berakhir atau terancam drop out (DO). "Jadi semester pendek ini merupakan kebijakan dari universitas untuk membantu teman-teman yang hampir DO untuk mengulang mata kuliah yang dianggap perlu untuk mengurangi mahasiswa yang akan di-DO karena akan habis masa studinya," jelas wanita yang akrab disapa Niar.

Niar menambahkan bahwa SP akan diadakan bagi mahasiswa secara umum yang akan mengulang apabila jumlah peminat banyak dan mendapat persetujuan dari dosen bersangkutan. "Untuk angkatan lain tetap dibuka namun hanya yang disetujui oleh dosennya. Kalaupun banyak yang mau mengulang kalau dosennya tidak bersedia, tidak jadi," tambahnya.

Bagi mahasiswa yang masa aktif kuliahnya hampir berakhir bisa mengambil semua mata kuliah yang dianggap perlu untuk diulangi. Jumlah SKS yang diambil dibatasi yaitu hanya sebanyak 9 sks dengan biaya Rp100.000,00 per sks. Untuk saat ini, mata kuliah yang telah mendapat persetujuan untuk diadakan bagi mahasiswa secara umum adalah Statistik Dasar dan Psikologi Abnormal. Pendaftaran dimulai pada hari ini (27/06) sampai Rabu (29/06). Perkuliahan semester pendek sendiri akan mulai dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2016. (IN)