Sumber: www.storania.com
Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) kembali membuka jalur mandiri. Kali ini, harga yang ditawarkan kepada calon mahasiswa baru (maba) tahun 2016 terbilang fantastis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 7.500.000,00.


Muhammad Jufri, selaku Dekan FPsi UNM mengatakan bahwa harga yang ditawarkan  tidak termasuk ukuran yang memberatkan bagi calon maba, sebaliknya membantu mereka untuk tetap melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebab orang-orang terbaik harusnya masuk di PTN dengan dia membayar 7,5 untuk Psikologi. “Kita masih membantu 2,5 ketimbang harus masuk ke swasta dengan bayaran 10 juta, sementara bisa bandingkan antara dia dan kita,” jelas pria kelahiran Selayar itu.

Mantan Sekretaris Lembaga Penelitian UNM ini menambahkan bahwa ia berharap kedepannya mahasiswa akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang lebih memadai agar dapat menunjang proses perkuliahan, sedangkan untuk mewujudkan hal itu diperlukan biaya tambahan agar bisa membangun fakultas menjadi lebih baik lagi. “Karena fakultas ini tidak bisa dibangun hanya dengan berkhayal, bagi saya fasilitas harus dibuat lebih baik mengikuti standar yang kita tetapkan dan kita harus punya pembiayaan yang bisa mendukung untuk itu,” jelas Dosen Psikologi Pendidikan itu.

Sejak diterapkannya sistem UKT pada tahun 2013 lalu, FPsi mengawali dengan nominal Rp. 4.000.000,00 dan diterapkan UKT yang sama pada tahun kedua. Pada tahun ketiga UKT dinaikkan 25% menjadi Rp. 5.000.000,00 dan pada tahun ini (baca: 2016) kembali dinaikkan menjadi Rp. 7.500.000,00. UKT yang diterapkan pihak FPsi ini merupakan UKT tertinggi dalam lingkup UNM. (NRA)