Sumber: www.klikkabar.com

Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) menerapkan biaya SPP yang cukup fantastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Biaya SPP FPsi UNM kini mencapai angka 7,5 juta rupiah (dilansir dalam http://unm.ac.id/event/47-pmb-2016/1317-pendaftaran-jalur-mandiri-unm-2016.html).

Tak seiring dengan meningkatnya nominal pembayaran SPP tersebut, jumlah pendaftar Jalur Mandiri FPsi UNM tahun 2016 justru mengalami penurunan dibandingkan pendaftar tahun 2015. Hingga pada batas pendaftaran terakhir, 18 Juli 2016 kemarin, jumlah pendaftar hanya 209 orang.

Muh. Nur Hidayat Nurdin selaku Sekretaris Program Studi FPsi UNM menyatakan bahwa pendaftar Jalur Mandiri tahun ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya. "Ini agak turun. Tahun lalu kayaknya ada sekitar 300-an", ujar dosen Psikologi Sosial ini.


Pria yang akrab disapa Dayat ini juga mengatakan bahwa peserta tes Jalur Mandiri akan diseleksi melalui dua jenis tes yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan wawancara yang akan dilaksanakan secara berurut yaitu pada tanggal 26 dan 27 Juli mendatang. "Tes yang harus diikuti oleh setiap calon mahasiswa baru, tes TPA dan wawancara", jelasnya.

Dari jumlah pendaftar yaitu 209 orang, calon mahasiswa baru (camaba) akan memperebutkan 30 bangku yang disediakan oleh FPsi UNM. (IN/AWZ)