Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
Sumber: psikologiunm2011.blogspot.com


Sabtu, (10/09), Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyampaikan kabar terkait perubahan akreditasi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) dari C menjadi B. 

Setelah kedatangan Tim Assesor dari BAN-PT pada Jumat (27/05-29/05) kemarin, FPsi UNM tak hentinya menunggu kabar terkait akreditasi fakultas. Setelah mencapai masa kadaluarsa akreditasi (05/08), pihak BAN-PT mengabari pihak birokrasi FPsi UNM terkait peningkatan akreditasi. Muhammad Jufri selaku Dekan FPsi UNM mengatakan bahwa kabar mengenai peningkatan akreditasi FPsi UNM disampaikan melalui pesan singkat (baca: SMS) oleh pihak BAN-PT. "Tadi pagi saya dikabari lewat SMS, terus saya hubungi untuk menguji keabsahannya," ujarnya.

Penilaian akreditasi yang diukur dari berbagai indikator pada borang ini diperoleh dengan poin sebesar 346. Hasil yang diperoleh tersebut ternyata hampir mencapai batasan poin untuk mendapatkan akreditasi A. Jufri menambahkan bahwa nilai yang diperoleh FPsi UNM kurang lima poin untuk mencapai akreditasi A yaitu 351 poin. "Kita kurang lima poin karena untuk memperoleh akreditasi A kita cukup mendapatkan 351 poin," jelasnya.

Meskipun demikian, Jufri selaku Dekan mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak, mulai dari dosen, pegawai, dan mahasiswa yang telah mendukung usaha peningkatan FPsi UNM. Ia juga berharap kepada semua civitas akademik FPsi UNM agar meningkatkan usaha dalam peningkatan prestasi dalam hal akademik. "Saya ingin menyampaikan terimakasih kepada semua dosen, pegawai, dan mahasiswa-mahasiswa yang sudah sama-sama mendukung usaha peningkatan akreditasi. Saya juga berharap peningkatan ini dapat menjadi support bagi mahasiswa yang masih aktif, juga dosen-dosen untuk lebih meningkatkan prestasi dalam bidang akademik," tambahnya.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak fakultas belum mendapatkan kabar pasti terkait rincian penilaian akreditasi tersebut. (IN/QUE)