Kegiatan Workshop PKM 2016 di BM 102, Minggu, (25/09)
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Kegiatan Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh pihak Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) selama dua hari (24-25/09), rupanya hanya mampu menarik perhatian beberapa mahasiswa terkhusus mahasiswa baru (maba) angkatan 2016 FPsi UNM. Hingga hari kedua kegiatan, maba yang ikut menghadiri terhitung sebanyak 50 dari 141 orang.

Dwi Sultanah Irbah sebagai salah satu Panitia Workshop PKM mengaku antusiasme masyarakat Psikologi khususnya maba lebih rendah dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan kegiatan Workshop tahun sebelumnya (baca: tahun 2015) dirangkaikan dengan kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas sehingga lebih menumbuhkan rasa wajib dalam hal ini mengikuti PKM sebagai wujud kontribusi terhadap Fakultas.

"Tahun lalu toh, bagusnya dirangkaikan dengan PMB Fakultas jadi banyak mahasiswa baru yang aktif. Kalau tahun ini dipisah jadi kelihatannya maba merasa tidak wajib untuk ikut padahal kan ini kegiatan wajib untuk maba," ujar mahasiswi yang akrab disapa Irbah ini.

Salah satu mahasiswi angkatan 2016, St. Aisyah Humairah Solihin mengungkapkan bahwa adanya beberapa kendala menyebabkan kegiatan hari pertama hanya dihadiri sebanyak 22 orang maba dan meningkat hingga 50 orang pada hari kedua.

"Jumlah peserta hari ini dengan kemarin, jauh lebih banyak hari ini. Kemarin itu banyak yang nda datang karena banyak keluar daerah ambil ijazah, waktunya mepet, ada halangan acara keluarga dan sebagainya jadi hari ini baru sempat datang," paparnya. (NL/QUE)