Perpustakaan Senja (Puja) di Taman Sulapa Appa
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) membentuk ruang membaca baru bernama "Pustaka Senja" (Puja). Puja dibuka pertama kali pada hari Kamis (08/09) di Taman Sulapa Appa.

Muh. Shany Khasysaf selaku pencetus ide dasar Puja mengaku terinspirasi dari gerakan luar yaitu Study Club dan bertujuan untuk memudahkan bagi orang-orang yang ingin membaca saat Perpustakaan Fakultas sudah tutup serta mempertahankan minat membaca bagi orang-orang yang bosan membaca di Perpustakaan.

"Ide dasarnya terinspirasi ki dari Study Club, mau ki jalankan fungsi edukasinya toh. Jadi bikin ki perpustakaan sendiri di luar yang bisa diakses kapanpun. Dan karena nda semua orang suka baca di perpus jadi kita bawa perpus ke orang." jelasnya.

Ruang baca yang masih tergolong baru ini masih membatasi pengunjung sehingga yang meramaikan masih mahasiswa FPsi UNM saja dikarenakan tempat yang masih dalam proses pencarian. Namun tidak melarang bagi masyarakat umum untuk membaca jika berminat.

"Sebenarnya banyak mi di Makassar tapi kita mau ki juga buat untuk lingkaran anak sini ji toh, untuk sementara apalagi masih cari ki rumah yang mudah diakses kapanpun. Tapi kalo ada masyarakat umum mau datang, ya datang. Tapi kan anak-anak psikologi yang buat jadi masih kita-kita mo dulu" ungkap Pria yang akrab disapa Shany ini.

Mudabbir selaku pengunjung Puja menanggapi positif ruang membaca ini. "Ini adalah suatu gebrakan yang menarik untuk meningkatkan minat baca mahasiswa dan menjadi tempat nongkrong yang berisi di sore hari." jelas Pria angkatan 2013 FPsi UNM ini.

Muhammad Wahyu menambahkan bahwa merasa senang dengan adanya Pustaka Senja ini. "Senang ja iyya karena ada mi gerakan begini di Psikologi karena sempat ka baca kemarin kalo beda sekali minat baca ta sama negeri lain jadi ada ini menambah minat baca mahasiswa" ungkap pria asal Konawe ini. (SFR)