Tampilan Buku Orange 2015 (sebelah kiri) dan Buku Kema 2016 (sebelah kanan)
Sumber: Dok. Pribadi mahasiswa angkatan 2015 dan 2016
Minggu, (18/09), Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar sosialisasikan Buku Orange yang kini telah berubah nama menjadi Buku Kema kepada Mahasiswa Baru angkatan 2016 dalam agenda Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (Real) 2016.

Perubahan tersebut dijelaskan oleh Menteri Kemendiklat BEM Kema FPsi UNM, Laela Sabrianti sebagai bentuk penyesuaian visi dan misi Presiden Mahasiswa (Presma) BEM Kema FPsi UNM periode 2016-2017.

"Presma memaparkan visi misi yang salah satu tujuannya akan mengubah Buku Orange menjadi Buku Kema, karena kenapa, kita kan punya sistem keluarga jadi semua isi atau muatan-muatan buku mencakup kelengkapan kelembagaan, fakultas dan sebagainya dibuat lebih jelas supaya mereka (baca: Maba) mengerti kalau sistem kita itu Kema," jelasnya saat ditemui pasca penutupan kegiatan Real 2016.

Buku Kema berisi informasi mengenai struktur fakultas, kelengkapan kelembagaan, nama alumni, profil komunitas Kema FPsi UNM serta penambahan informasi mengenai Pendidikan Dasar yang wajib diikuti oleh Maba 2016 serta Penddikan Peminatan dari masing-masing BKM.

"Selama ini yang ada itu daftar nama alumni, struktur fakultas. Adapun penambahannya tentang pendidikan dasar dari BEM dan gambaran umum pendidikan minat dari beberapa BKM. Selain itu warna cover juga disesuaikan dengan warna Kema," ungkapnya.

Ashari Ramadana, selaku mantan Menteri Kemendiklat BEM Kema FPsi UNM periode 2015-2016 menanggapi positif perubahan nama Buku Orange menjadi Buku Kema.

"Kalau dari segi nama, perubahan dari buku orange menjadi buku kema kemungkinan akan punya dampak baik, selama semua tahu, terutama mahasiswa baru kalau ada kata keluarga dalam nama buku itu. Kata kema di buku itu semoga juga bisa membuat teman-teman yang lain paham bahwa sebagai anggota kema, mereka juga punya peran menentukan hasil dari proses pengaderan," ungkapnya.

Terakhir, mahasiswa angkatan 2012 ini menyampaikan harapannya agar mahasiswa baru angkatan 2016 dapat menggunakan Buku Kema dengan baik sesuai dengan fungsinya.


" Ya semoga mahasiswa baru bisa beradaptasi dan jadi anggota keluarga yang baik lewat penggunaan buku Kema," harapnya. (ALF)