Suasana Workshop PKM 2015

Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar atau biasa disebut LPM Penalaran UNM akan mengadakan Workshop and Festival (Workfest) Program Kreativitas Mahasiswa 5 Bidang 2016 pada tanggal 8-9 Oktober 2016 di Ruang Teater, Lt.3. Gedung Phinisi UNM. Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan yang diadakan oleh LPM Penalaran UNM untuk ikut andil dalam memeriahkan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) yaitu Program Kreatifitas Mahasiswa 5 Bidang (PKM 5 Bidang).

PKM 5 Bidang adalah kegiatan eksplorasi ide kreatif bagi mahasiswa yang dituangkan dalam bentuk penulisan karya tulis ilmiah. PKM 5 Bidang yang terdiri dari PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-T (Teknologi), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), dan PKM-KC (Karsa Cipta) yang selalu diadakan 6 bulan sekali. Gagasan ide yang merupakan hasil dari kreatifitas mahasiswa dituangkan kedalam bentuk proposal, kemudian diseleksi oleh Dikti untuk diberikan dana hibah dalam merealisasikannya sesuai proposal yang telah
ditulis.

Kegiatan Workfest akan menyelenggarakan pameran PKM yang telah didanai oleh DIKTI dan  juga yang telah lolos di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Kegiatan ini mengangkat tema “Sinergi Inovasi, Kreasi, dan Aksi untuk Negeri” dan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta tentang PKM, agar mereka mampu meningkatkan kualitasnya di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional.

Pada hari pertama, akan diadakan Workshop PKM 5 bidang. Ketua Panitia, Armanto Lolobua mengatakan bahwa “Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan dampak positif, baik itu untuk peserta Workshop, birokrasi maupun masyarakat secara umum. Dengan demikian, peserta akan memperoleh pengetahuan tentang bagaimana cara membuat PKM, bagaimana agar bisa lolos ke PIMNAS, dan banyak lagi”. Pembuatan PKM adalah salah satu output dari Workfest yang merupakan rangkaian dari program kerja Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan. Sesuai dengan peran mahasiswa sebagai agent of change, Armanto merekomendasikan agar para mahahiswa dapat mengikuti kegiatan ini.

Berbeda dengan Workshop 5 bidang yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya, kali ini LPM Penalaran menyajikan Festival. Festival merupakan ajang dimana hasil karya tulis ilmiah mahasiwa telah didanai oleh DIKTI dan ada juga yang telah lolos di PIMNAS, akan dipamerkan.


Citizen Journalism
Pengirim: Venus Vortuna